Ini Jumlah Kapal Pelabuhan Manado di Puncak Arus Mudik Natal 2020

  • Whatsapp
Terlihat penumpang kapal yang hendak mudik pada Natal tahun 2020 ini.

Manado, DetikManado.com – Mencegah terjadinya lonjakan penumpang saat arus mudik Natal dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi Covid-19, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado menyiapkan sejumlah armada kapal serta jadwal keberangkatan sebaik mungkin.

Kepala KSOP Manado Mosez Immanuel Karaeng menjelaskan terkait dengan kesiapan kapal, pihaknya telah mengambil langkah dengan menambahkan satu armada kapal perintis untuk singgah di pelabuhan Manado yang sebenarnya hanya singgah di pelabuhan Bitung dan Likupang.

Bacaan Lainnya

“Sehingga bisa masuk dalam formasi armada angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2021 di Pelabuhan Manado. Dan kemarin kapal tersebut sudah melayani dan berangkat dengan tujuan nusa utara yang berjumlah 6 orang,” ujarnya.

Suasana di Pelabuhan Manado, Sulut menjelang hari libur panjang Natal 2020.

Dia juga mengatakan, untuk ketersediaan kapal, pihak KSOP Manado menganggap cukup karena telah disesuaikan dengan data tahun lalu yaitu data calon penumpang.

“Tahun lalu tujuan Manado Talaud sekitar 4.000 orang sedangkan tujuan Manado Tahuna 3.700 orang dengan perhitungan ketersediaan Armada yang ada, kami anggap cukup,” beber Mosez.

Saat ini yang melayani untuk tujuan Kabupaten Talaud ada 4 kapal, tujuan Tahuna  ada 7 kapal, Ternate 7 kapal, Biaro 3 kapal, serta tujuan Siau – Tagulandang 5 kapal dan cukup memadai.

“Sampai dengan hari ini yang kami pantau volume penumpang baru mencapai 62% dari tiket yang tersedia,” tutup Mosez. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait