Ini Pesan Dinas Dikda Sulut Saat MKKS SMA Kota Manado

Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut menggelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA se Kota Manado.

Manado, Detikmanado.com – Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut menggelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA se Kota Manado yang dihadiri Kepala Dinas Dikda Sulut dr Grace Punuh MKes dan Kabid SMA Arthur Tumipa MEd, bertempat di aula SMA Kristen Irene Manado, Rabu (16/10/2019).

Tumipa saat membahas beberapa permasalahan seperti hak dari Tenaga Harian Lepas (THL) mengatakan, merupakan suatu kewajiban para guru ASN terutama kepala sekolah sebagai pimpinan dalam menentukan sebuah solusi terkait hal tersebut. “Para THL juga harus patuh dengan aturan-aturan yang ada dan perlu adanya format penilaian kepada mereka,” ujar Tumipa.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Tumipa mengatakan, peran pengawasan kepsek sangat vital, harusnya dalam berbagai lini guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan serta dirinya juga mengajak dan harus saling bekerja sama. “Seperti semboyan sitou timou tumoutou yang di mana kita harus membantu sesama dan bukan saling menjatuhkan satu dengan yang lain,” bebernya.

Dirinya juga mengatakan peran tenaga didik dalam membina siswa sangatlah berpengaruh bagi perkembangan mereka di lingkungan masyarakat. “Saya ingatkan lagi pembinaan kesiswaan adalah hal yang sangat-sangat  sensitif seperti pernah viral di medsos beberapa minggu yang lalu. Kasihan kalau ada anak-anak korban seperti itu jadi tolong teman-teman kepsek, para guru tolong diingatkan,” tegasnya.

Kepala SMA Kristen Irene Manado Lindawati Sambas bersama sejumlah guru.

Selain itu, lanjutnya, sesuai dengan arahan Wagub Steven Kandouw untuk tahun ajaran 2019-2020 wajib yang namanya ada peningkatan hasil Ujian Nasional, serta pola pikir atau mindset anak-anak harus diubah baik dari pengetahuan maupun karakter. “Anak-anak di sekolah harus memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan dan intelegensi,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMA Kristen Irene Manado Lindawati Sambas mengatakan bersyukur sekali karena kegiatan MKKS yang diadakan di sekolahnya. Apalagi dihadiri oleh Kepala Dinas,Pengawas, Kabid Guru atau Tenaga Kependidikan, serta Kabid SMA. “Jarang sekali terjadi di kegiatan MKKS, semua jajaran dari Dinas Provinsi semua bisa hadir,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya musyawarah seperti itu maka permasalahan seperti peningkatan nilai pada Ujian Nasional, sertifikasi serta kinerja tenaga pendidik dapat ditingkatkan. “Harapan saya dari hasil musyawarah ini untuk sekolah maupun tenaga pendidik agar kita bisa bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Utara ini,” pungkas Sambas. (ml)

Komentar Facebook

Pos terkait