Lepas BJ Habibie ke Liang Lahad, Presiden Jokowi: Selamat Jalan Sang Pionir

Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman almarhum menyebut bahwa kepergiannya membuat bangsa Indonesia kehilangan seorang negarawan sejati, inspirator, sekaligus ilmuwan.

Jakarta,DetikManado.com – Indonesia berkabung atas berpulangnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie. Almarhum berpulang pada Rabu (11/09/2019), dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman almarhum menyebut bahwa kepergiannya membuat bangsa Indonesia kehilangan seorang negarawan sejati, inspirator, sekaligus ilmuwan yang selalu menekankan perpaduan antara ilmu dan ketakwaan. “Beliau adalah seorang negarawan sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman, dan takwa harus bersatu,” ujarnya saat memberi sambutan di upacara pemakaman, Kamis (12/09/2019), di TMP Kalibata.

Bacaan Lainnya

Masa hidup BJ Habibie dihabiskan demi kemajuan bangsa dan negara. Kisah perjalanan beliau menunjukkan bahwa semasa muda, almarhum tampil sebagai tokoh yang visioner dengan tidak hanya berpikir untuk dirinya sendiri, melainkan turut memikirkan tentang perjalanan bangsa Indonesia ke depan. “Almarhum tidak hanya berpikir tentang apa yang terjadi di Indonesia saat ini, tidak hanya berpikir tentang apa yang terjadi pada Indonesia untuk satu atau dua tahun mendatang. Tapi, almarhum sudah berpikir dan bekerja untuk membangun masa depan Indonesia 50 tahun ke depan, untuk 100 tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas menjadi Indonesia maju,” kata Presiden.

Komentar Facebook

Pos terkait