Mahasiswa Papua di Sulut Bicara Tentang Persipura Jayapura

  • Whatsapp
John R Bame. (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi).

Tondano, DetikManado.com – Stadion Klabat Manado akhirnya menjadi home base Persipura Jayapura. Hal itu menyusul surat persetujuan yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB Cucu Sumantri, Senin, 24 Februari 2020 lalu.

“Upaya Persipura menjadikan Stadion Klabat Manado sebagai home base sementara, sudah mendapatkan persetujuan dari PT LIB,” ungkap Media Officer Persipura Jayapura Eveerth Jouilmena, Selasa (25/02/2020).

Bacaan Lainnya

Tim berjuluk Mutiara Hitam ini pun menjalani latihan perdananya, Jumat (28/02/2020) di Stadion Klabat Manado. Persipura Jayapura akan melakoni laga perdana Liga 1 Indonesia melawan tim asal Jawa Tengah, PSIS Semarang, Minggu, (29/02/2020). Pelatih Kepala Jackson F Tiago mengatakan, saat ini timnya lebih memfokuskan dengan adaptasi iklim cuaca Kota Manado. “Sudah lama kami tidak merasakan udara yang sama seperti di Papua ini,” ujarnya.

Terkait itu, sejumlah mahasiswa Papua yang menempuh studi kuliah di Sulut menanggapi kehadiran Persipura Jayapura. Yustinus Haluk menilai, sangat bagus Persipura Jayapura mengambil Stadion Klabat Manado sebagai home base. Selain itu, terdapat mahasiswa Papua di Kota Manado yang cukup banyak. “Saya sangat suka. Mungkin kalau saya, setiap kali mereka (Persipura) main, pasti saya pergi nonton,” katanya saat ditemui di Asrama Papua Kamasan IV, Tondano, Sulut, Sabtu sore (29/02/2020).

Haluk mengatakan, dengan bermarkas di Stadion Klabat Manado selama musim kompetisi Liga 1 Indonesia, ia menyakini Persipura Jayapura juga akan lolos kompetisi AFC Cup 2021 . “Belum tentu juara (AFC). Kalau tahun ini menurut saya, mereka (Persipura) lolos liga AFC,” ujar mahasiswa kelahiran 1999 ini.

Yustinus Haluk. (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Saat ditanyakan laga Persipura melawan PSIS Semarang pada Minggu (01/03/2020) pukul 15.30 Wita di Stadion Klabat Manado, Haluk belum bisa menentukan apakah Persipura Jayapura menang atau tidak. “Mungkin saya tidak bisa bilang langsung Persipura menang. Karena Persipura banyak pemain baru, jadi mereka belum lancar. Tapi saya yakin, Persipura tetap juara (Liga 1 Indonesia),” tutup mahasiswa Fakultas Teknik (Fatek) Unima ini.

Berbeda dengan Haluk, John R Bame mensyukuri dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Sulut dan jajaran, serta masyarakat Sulut yang menerima Persipura Jayapura menjadikan home base di Stadion Klabat Manado.

Menurut Bame, alasan di balik pemilihan home base di Stadion Klabat Manado karena stadion Persipura Jayapura yakni Stadion Mandala dan Stadion Papua Bangkit, sementara direnovasi untuk persiapan PON 2020 di Papua. Ia juga menilai, karena Sulut merupakan bagian dari Indonesia Timur. “Kalau masalah kenyamanan dan keamanan, kita semua jaga bersama,” imbuh Bame yang juga Ketua Ikatan Mahasiswa Indonesia Papua (IMIPA) Cabang Tondano.

Persipura Jayapura untuk pertama kali melakoni laga di tanah Nyiur Melambai ini. “Baru pertama bermain di Sulawesi Utara merupakan kebanggaan. Semua anak-anak Papua pasti ikut mendukung,” ungkap Bame yang merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Kimia Unima ini.

Bame berharap, klub asuhan Jacksen F Tiago ini akan menjuarai kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. “Harapan penuh Persipura juara berikut. Karena Pak Jackson F Tiago sudah terbukti. Karena Persipura pernah pimpin juara liga Indonesia,” katanya yang berasal dari Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Saat ditanyakan laga perdana besok, Minggu (01/03/2020), Bame memprediksi skor 2-1 untuk kemenangan Persipura Jayapura melawan PSIS Semarang. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *