Menanti Hasil Laboratorium Covid-19 Milik Provinsi Sulut

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel.

Manado, DetikManado.com – Terkait laboratorium PCR di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado yang berada di Mapanget, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut memberikan keterangan terkait hal tersebut.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel mengatakan bahwa laboratorium tersebut sudah mulai dijalankan cuma agak terkendala dengan suplai listrik yang harus stabil.

Bacaan Lainnya

“Mulai hari ini telah diperiksa sebanyak 48 sampel dan kami sudah mendapatkan gambaran bagaimana laboratorium ini akan akan beroperasional,” ujar Dandel.

Menurut Dandel, untuk pemeriksaan ekstrasi sampel tersebut akan memakan waktu cukup lama yang dimana saat sampel dibawa dari rumah sakit Kabupaten/Kota dimasukkan larutan. Sebelum dimasukan di dalam sebuah wadah yang memakan waktu satu hingga dua jam baru kemudian sampel ini bisa utuh dan aman untuk dipakai pemeriksaan lanjutan.

“Sekali lagi sampel ini ada 24 slot dan kami mendapat informasi bahwa pemeriksaan 1 slot sampel yang rata- rata berisikan sekitar 90 sampel memakan waktu 12 jam. Dan kami belum mendapatkan informasi karena pemeriksaan sementara berlangsung,” kata Dandel.

Lanjut dia, tim pemeriksaan laboratorium tetap didampingi oleh dokter yang memiliki sertifikat WHO karena ini sangat penting sekali untuk menjamin keamanan petugas laboratorium yang akan melakukan langkah-langkah pemeriksaan agar tidak membahayakan mereka.

“Karena ini baru pertama kali dilakukan jadi harus dievaluasi berulang kali sampai langkah- langkah pembiasaan ini menjadi bagian dari SOP di laboratorium dan berharap seterusnya kita akan mendapatkan hasil yang lebih rutin dengan adanya laboratorium ini,” tutup Dandel. (ml)

Komentar Facebook

Pos terkait