Menengok Pemberdayaan UMKM Perempuan di Manado Sulut

  • Whatsapp
Diikuti 60 peserta online dan 15 UMKM secara offline, komunitas Satu Tampa mengadakan Startup Weekend dengan menggandeng JNE Manado, Jumat-Minggu (16-18/4/2021), di Coworking Satu Tampa, Manado, Sulut.

JTondano, DetikManado.com – Diikuti 60 peserta online dan 15 UMKM secara offline, komunitas Satu Tampa mengadakan Startup Weekend dengan menggandeng JNE Manado, Jumat-Minggu (16-18/4/2021), di Coworking Satu Tampa, Manado, Sulut.

Salah satu kegiatan yang diiinisasi dua startup yakni KUMPUL dan Techstar Global ialah programl Startup Weekend Indonesia Women Online (SWI Women Online), yang merupakan bagian dari WomenCreate. Selain itu, kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 8 Maret dan 21 April.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut, Ir Ronald Sorongan MSi.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah sinergi bersama pemerintah provinsi Sulawesi Utara dalam mendorong UMKM naik kelas,” ujarnya.

SWI Women memiliki tujuan untuk pemberdayaan dan mendorong partisipasi perempuan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi, sekaligus meningkatkan akses UMKM terutama dalam lanskap kewirausahaan nasional melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan serta komunitas pemberdayaan perempuan unjuk diri di ekosistem startup digital di indonesia.

SWI Women merupakan program yang dapat mengakselerasi perkembangan startup atau UMKM untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik. Program SWI kali ini berbeda dari sebelumnya, hal ini dikarenakan para peserta sudah memiliki tim. Para peserta akan belajar tentang inovasi bisnis, validasi dan pengembangan produk. Ini merupakan aktivitas yang berbasis kerja tim yang menggabungkan 3 jenis keahlian: kreatif, inovatif dan entrepreneur.

Yang menjadi juri dalam kegiatan Startup Weekend Indonesia Manado ini adalah, Branch Jeda JNE Manado Julianus Barthen, Founder & CEO Coro Indonesia Cindy Wowor, Community Development Manager DANA Indonesia, Patrice Sagay.

Terdapat 3 UMKM terbaik berdasarkan hasil keputusan dewan juri yakni EL’C, Sangkakala Home Industry dan Lemon Cui. Ketiganya akan kembali mengikuti intensive bootcamp national bersama dengan UMKM terbaik pilihan dari 8 kota lainnya di Indonesia.

Adapun pihak-pihak lainnya yang mendukung kelangsungan kegiatan ini sepert JNE Manado, Nutrifood, Decade Coffee, Christine Klappertaart, juga turut berkolaborasi dalam mendukung ekosistem wirausaha khususnya UMKM di Sulut. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait