Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Grup Accor Gagas Hari Batik Nasional Tahun 2021

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Hari Batik Nasional diresmikan setiap tanggal 2 Oktober, disaat UNESCO pada tahun 2009 resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

General Manager Novotel Manado Bilal Chamsine menuturkan Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless adalah program yang dijalankan serentak oleh jaringan  hotel Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia.

“Program ini merupakan bagian dari kampanye sepanjang tahun grup Accor bertajuk Rediscover Indonesia bersama ALL – Accor Live Limitless,” ujarnya, Jumat (15/10/2021).

Lanjut dia, kampanye ini mengajak tamu selain menginap, menikmati pengalaman lokal ikonik yang luar biasa melalui empat pilar yaitu kuliner, seni budaya, kebugaran dan kesehatan, serta destinasi, melalui kemitraan dengan ratusan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

“Program-program ini mendorong gerakan #BanggaBuatanIndonesia,#BeliKreatifLokal,#BanggaBerwisataDiIndonesia dan #DiIndonesiaAja,” bebernya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno juga menyampaikan banyak daerah di Indonesia yang memiliki wastra khasnya dan salah satunya adalah batik.

“Kami mengapresiasi kepada grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi dengan grup Accor sejak tahun 2012,” tutur Sandi.

Dia menambahkan, pihaknya terus mendukung promosi batik sebagai warisan  budaya dan bangkitkan optimisme pelaku Ekraf untuk segera pulih di masa pandemi ini.

Serta terus meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan prinsip 3 G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi) agar kita yang di Indonesia ini juga mendorong gerakan #DiIndonesiaAja dan #BeiiKreatifLokal.

“Bangkit usaha cilik, menang melawan Covid, together we can!,” tandasnya.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email