Peneliti Kepemiluan Unsrat Nilai Pemilu 2019 Berjalan Dengan Baik

Ferry Daud Liando (kiri) bersama Ketua KPU RI Arief Budiman.

MANADO, DetikManado.com – Pelaksanaan pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 telah selesai, dan saat ini sedang dilakukan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berbagai permasalahan ditemui pada pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini, seperti keterlambatan pencoblsoan karena logistik pemilu yang terlambat, keterlambatan saksi, adanya pemilih yang membawa camera saat mencoblos dan lain sebagainnya.

Menurut Peneliti Kepemiluan Unsrat, Ferry Daud Liando, meskipun ada permasalahan, namun secara umum pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara bisa berjalan dengan baik.

“Masalah-masalah diatas sifatnya teknis dan tidak banyak mempengaruhi subtansi. Namun demikian, prosenya penghitungan belum selesai sehingga diharpakan bisa berjalan lancar,” jelas Liando kepada DetikManado.com, Rabu (17/04/2019) malam.

Lanjut, Liando yang juga dosen Fisip Unsrat, putusan MK menyebutkan bahwa penghitungan suara diperpanjang 12 jam dari pukul 00.

“Pada UU nomor 7 tahun 2017, menyebutkan penghitungan suara berakhir pada hari yang sama dengan hari pencoblosan, sehingga perlu ditunggu bagaimana kelanjutannya,” jelas Mner Ferry sapaan akrab Ferry Daud Liando.

Lanjutnya, saat ini sejumlah lembaga survei sudah mengumumkan hasil sementara berdarkasn quick count, data yang digunakan sudah diatas 50 persen hasil TPS, sehingga kecil kemungkinan hasilnya berbeda dengan hasil resmi dari KPU RI.

“Namun demikian sepanjang belum ada pengumuman resmi dari KPU, semestinya belum ada pihak yang mengklaim kemenangan apalagi sudah bereaksi berlebihan, hal tersebut untuk menjaga pihak yang kalah bereaksi.” tuturnya. (dm/red)

Komentar Facebook