Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Menggelar Operasi Kanker di Manado

Proses operasi pasien kanker di RSUP Prof Kandou Manado.

Manado, DetikManado.com – Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) menggelar aksi kemanusiaan melalui bakti sosial (baksos) berupa operasi kanker secara gratis di 2 rumah sakit yang ada di Kota Manado, Sulut. Baksos di RSUP Prof Kandou Manado dan RS Sentra Medika Manado itu digelar pada, Selasa (8/2/2022).

“Baksos hari pertama ada operasi kanker gratis di RSUP Prof Kandou Manado sebanyak 3 pasien, dan RS Sentra Medika 18 pasien,” ungkap Ketua Panitia Ketua Panitia dr Christian Manginstar SpB (K) Onk.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pihak panitia telah membuka pendaftaran bagi pasien untuk mendaftarkan diri dalam Baksos tersebut. Sehingga mereka yang terjaring dalam pendaftaran itu yang mendapatkan pelayanan operasi secara gratis.

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, khususnya penderita kanker di Manado,” ujarnya.

Direktur Medis RSUP Prof Kandou Manado dr Yehezkiel Pandjaitan menyambut baik kehadiran Peraboi yang menggelar baksos di sejumlah rumah sakit, termasuk di RSUP Prof Kandou Manado. Menurutnya, baksos Peraboi bertepatan dengan hari ulang tahun RSUP Prof Kandou.

“Kita berharap bisa terjadi transfer knowledge, selain juga membangun silaturahmi,” ujar Pandjaitan.

Dia menambahkan, kehadiran Peraboi juga sejalan dengan keberadaan RSUP Prof Kandou menjadi pusat penanganan kanker di Indonesia Timur.

“Kami memberi apresiasi semua pihak yang menyiapkan kegiatan ini, untuk kemanusiaan dan juga membawa nama baik Sulut,” ujarnya.

Ketua Umum Peraboi dr Walta Gautama ST SpB(K)Onk mengatakan, baksos tersebut merupakan rangkaian kegiatan Peraboi yang dilaksanakan di Manado. selain baksos, ada juga talkshow, dan muktamar untuk memilih Pengurus Peraboi yang baru.

“Kegiatan selanjutnya adalah talkshow yang membahas kanker payudara dan kanker tiroid, digelar di Graha Gubernuran Sulut, Rabu (9/2/2022),” ujar Gautama saat membuka rangkaian kegiatan di Ruang Bedah RSUP Prof Kandou Manado, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan berikutnya adalah Muktamar Peraboi yang akan digelar pada, Kamis (10/2/2022), di Graha Gubernuran Sulut. Muktamar ini untuk memilih Ketua Umum yang baru.(joe)

Komentar Facebook

Pos terkait