Peringatan HUT ke-39 Satpam di Mapolda Sulut

  • Whatsapp
Satuan Pengamanan (Satpam) memperingati hari jadinya yang ke-39.

Manado,DetikManado.com – Satuan Pengamanan (Satpam) memperingati hari jadinya yang ke-39 yang jatuh pada tanggal 30 Desember 2019, dengan menggelar upacara dan yang bertindak sebagai Inspektur adalah Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs Tabana Bangun, bertempat di halaman Mapolda, Kamis (23/01/2020).

Saat membacakan amanat Kapolri,Wakapolda berharap Satpam senantiasa profesional dalam melaksanakan tugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. “Semoga sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dia juga mengajak seluruh peserta upacara mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin MPA yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan, dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia. “Semoga kita sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasi beliau dalam setiap pelaksanaan tugas,” tutur Bangun.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. “Setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya,” ujarnya.

Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. “Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Senada dengan itu, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK mengatakan, pelaksanaan tugas Satpam sangat menunjang tugas-tugas Polri khususnya di lingkungan sekitar tempat mereka bertugas. “Ini merupakan bentuk sinergitas antara Polri dan stakeholders terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, dan kedepan harus semakin baik lagi,” pungkas Abast.

Untuk diketahui upacara diikuti  kurang lebih seribu Satpam dari berbagai instansi BUMN dan swasta yang ada di Sulawesi Utara, pasukan Brimob, Samapta, Pol PP, Polhut dan Bea Cukai. Hadir juga para PJU Polda Sulut, para Kapolres/Kota jajaran serta BUJP dan para pimpinan instansi pengguna jasa Satpam. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *