Piala Dunia: Hasil Kroasia vs Argentina, Messi dan Tango ke Final

Selebrasi dua bintang Argentina Lionel Messi dan Julian Alvarez dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 Argentina vs Kroasia, Rabu (14/12/2022), di Lusail Stadium - Al Daayan, Qatar. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Partai semifinal pertama Piala Dunia Qatar digelar di Lusail Stadium – Al Daayan pada Rabu, 14 Desember 2022 tepat pukul 02.00 WIB, mempertemukan Kroasia vs Argentina.

Wasit yang memimpin pertandingan Kroasia vs Argentina di semifinal Piala Dunia 2022 ini adalah Daniele Orsato ditemani assisten Ciro Carbone dan Alessandro Giallatini serta didampingi official keempat Mohammed Abdulla.

Runner up Piala Dunia edisi sebelumnya Kroasia mencoba menghadang langkah Argentina. Namun Lionel Messi dan tim Tango terlalu tangguh.

Ini merupakan pertemuan yang keenam kalinya bagi kedua tim serta menjadi pertemuan kedua beruntun mereka selama mengikuti perhelatan ajang empat tahunan tersebut.

Di samping itu pada duel semifinal, Argentina dengan jersey putih biru langit menerapkan formasi i 4-4-2 sedangkan Kroasia yang berkostum hitam dengan corak biru menggunakan formasi 4-3-3.

Pertandingan kali ini sudah diprediksi bakal berjalan ketat mengingat bahwa pada pertemuan edisi sebelumnya, yakni pada World Cup 2018 di Rusia.

Saat itu keduanya sama- sama menghuni Grup D di mana Vatreni berhasil mengalahkan Albicelestes dengan skor 3-0, sehingga bisa saja menjadi ajang balas dendam pasukan besutan Lionel Scaloni.

Selain itu, bagi kedua bintang timnas masing-masing, yakni Lionel Messi dan Luka Modric memiliki hasrat yang sama untuk merengkuh Piala Dunia di akhir-akhir masa mereka sebagai seorang pesepakbola. Pasalnya, sepanjang karir profesionalnya yang gemilang tropi ini belum pernah diraih.

Dan benar saja, walaupun sempat berjalan alot akibat kokohnya pertahanan kedua kubu namun akhirnya Argentina keluar sebagai pemenang setelah Lionel Messi mencetak gol melalui titik penalti pada menit 34, disusul dua gol yang diborong oleh Julian Alvarez di menit 39 dan 69.

Maka sudah dipastikan La Pulga beserta koleganya berhasil memastikan diri melaju ke partai final dengan skor 3:0, sekaligus memperbesar harapan mereka untuk meraih tropi piala dunia semenjak era legenda Diego Maradona.

Argentina menanti pemenang antara Prancis atau Maroko sebagai lawan mereka di puncak perebutan gelar juara.

 

Jalannya Pertandingan

Diawali dengan berkumandangnya lagu kebangsaan kedua negara serta penentuan sisi lapangan dan bola, wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.

Hingga menit ke 3 kedua tim masih bermain hati-hati, sambil mencari celah untuk menyusun serangan melalui tusukan sayap maupun lini tengah. hingga menit ke 5 ini masih berlangsung.

Memasuki menit ke 7 permainan mulai berlangsung sengit yang mengakibatkan Pasalic melakukan pelanggaran. Akan tetapi hingga memasuki menit ke 11, belum ada peluang atau tendangan yang mengancam gawang kedua tim.

Di menit ke 13, Argentina yang hendak melakukan serangan balik melalui Mac Allister dan terpaksa dilanggar oleh Modric.

Tampak kedua tim masih belum menemukan momentum yang tepat untuk menciptakan peluang maupun gol sampai menit ke 20. Bola masih berputar di sekitar sisi pertahanan, sayap serta lapangan tengah.

Baru pada menit 25, Fernandez mencoba melepaskan sepakan keras dari luar kotak enam belas yang menjadi shoot on target pertama pada pertandingan kali ini akan tetapi dapat ditepis oleh penjaga gawang Kroasia.

Kroasia mendapat tendangan bebas di menit 27 akibat pelanggaran Tagliafico, namun sepakan Modric belum menemui sasaran dan diamankan oleh pemain bertahan Argentina.

Memasuki menit 31, Perisic mencoba menchip bola ke arah gawang Argentina namun masih melambung di atas mistar gawang.

Livakovic, penjaga gawang Kroasia melakukan pelanggaran terhadap Alvares saat berhadapan one on one di dalam kotak penalti di menit 32. Akibatnya dia memperoleh kartu kuning bersama Kovacic karena melakukan protes terhadap wasit, dan Argentina pun memperoleh hadiah penalti.

Messi yang dipercaya sebagai algojo pun berhasil mengkonversikannya menjadi gol di menit 34 sehingga kedudukan sementara Argentina 1 – 0 Kroasia.

Julian Alvarez menambah keunggulan di menit 39 melalui skema serangan balik dengan aksi solo runnya dari setengah lapangan yang kemudian memasukan bola ke gawang Livakovic. Argentina 2 – 0 Kroasia.

Argentina terus menggempur pertahanan Kroasia hingga di menit 41 setelah mendapat tendangan penjuru, Mac Allister melepaskan tandukan ke arah gawang tetapi bisa ditepis oleh kiper.

Di menit 45+1, Pasalic melepaskan tendangan keras ke arah gawang tetapi masih bisa ditepis oleh Martinez.

Hingga wasit meniup pluit tanda berakhirnya babak pertama tidak ada gol yang tercipta, masih kedudukan 2-0 bagi keunggulan sementara Argentina.

Mengawali babak kedua terjadi pergantian pemain di kubu Kroasia, Orsic dan Vlasic masuk menggantikan Sosa beserta Pasalic.

Setelah Otamendi melakukan pelanggaran di menit 47, kemudian tendangan bebas diambil oleh Modric yang mengarahkan ke area gawang namun tetap ditangkap oleh Martinez.

Di menit 49, Paredes mencoba melepaskan sepakan kea rah gawang tetapi berhasil diamankan oleh Livakovic.

Kembali terjadi pergantian pemain di kubu Kroasia pada menit ke 50, Brozovic ditarik keluar dan digantikan Petkovic.

Hingga memasuki menit ke 57 belum ada peluang yang membahayakan gawang kedua tim. Sampai di menit 58, Messi melepaskan tendangan dari sisi gawang tetapi bisa ditepis dengan baik oleh Livakovic.

Pergantian pemain di kubu Argentina pada menit 62, Lisandro Martinez masuk menggantikan Paredes. Di menit yang sama pula Lovren melepaskan tandukan ke arah gawang setelah memanfaatkan tendangan bebas Modric, akan tetapi masih bisa diamankan pemain bertahan Argentina.

Belum ada peluang-peluang yang mengacam dan banyak dihiasi pelanggaran-pelanggaran kecil sampai di menit 58, Romero melakukan pelanggaran keras terhadap Petkovic yang mengakibatkan ia diganjar kartu kuning.

Julian Alvarez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 69. Diawali oleh pergerakan Messi yang menari-nari memasuki kotak enam belas Kroasia, sebelum menyodorkan bola kepada Alvarez yang kemudian mengkonversikannya menjadi gol. Argentina 3 – 0 Kroasia.

Di menit ke 71, Otamendi memperoleh kartu kuning akibat melakukan pelanggaran terhadap Petkovic diikuti pergantian pemain di tim Kroasia pada menit 72. Livaja masuk menggantikan Kramaric dan di kubu Argentina menit 74, De Paul serta Alvares ditarik keluar sedangkan Palacios dan Dybala memasuki lapangan pertandingan.

Belum ada ancaman yang berarti bagi gawang Argentina hingga menit 80, walaupun beberapa kali pemain-pemain Kroasia mencoba melepaskan sepakan.

Pada menit ke 81 kembali terjadi pergantian pemain, Majer masuk menggantikan Modric.

Mac Allister mencoba melepaskan tendangan di menit 83, namun sayang masih menyamping dari tiang gawang Livakovic.

Memanfaatkan tendangan pojok, Perisic di menit 85 melepaskan sundulan yang masih jauh dari gawang Martinez.

Kembali terjadi pergantian pemain di kubu Argentina di menit 86, Correa dan Foyth masuk menggantikan Mac Allister serta Molina.

Walaupun saling silih berganti melakukan penyerangan tetapi sampai menit ke 90 belum ada ancaman yang berarti bagi penjaga gawang masing-masing tim.

Hingga Daniele Orsato meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan tidak ada lagi perubahan skor, masih tetap 3:0 bagi keunggulan Messi dan kawan-kawan.

Dengan demikian Argentina berhak melaju ke partai puncak World Cup 2022 Qatar. (Cristian Laritembun)

 

Susunan Pemain

Argentina: Emilio Martinez, Nicolas Tagliafico, Cristian Romero,Nicolas Otamendi, Nahuel Molina, Leandro Paredes, Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez, Julian Alvarez, Lionel Messi.

Cadangan: Franco Armani, Geromino Rulli, Juan Foyth, German Pezzela, Angel Di Maria, Exequiel Palacios, Angel Correa, Thiago Almada, Rodriguez Guido, Paulo Dybala, Lautaro Martinez, Lisandro Martinez.

Pelatih: Lionel Scaloni

 

Kroasia: Dominik Livakovic, Dejan Lovren, Borna Sosa, Josko Gvardiol, Josip Juranovic, Mateo Kovacic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic.

Cadangan: Ivo Grbic, Ivica Ivusic, Josip Stanisic, Borna Barisic, Martin Erlic, Lovro Majer, Nikola Vlasic, Marko Livaja, Bruno Petkovic, Ante Budimir, Mislav Orsic, Domagoj Vida, Josip Sutalo, Luka Susic, Kristijan Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalic

 

Komentar Facebook