PMKRI Manado Audiensi dengan KPU Manado, Bahas Partisipasi Generasi Muda di Pemilu 2024

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Manado Sanctus Thomas Aquinas audiensi bersama KPU Kota Manado, di Gedung KPU Manado, Sulut, Kamis (2/2/2023). (Foto: Dokumentasi PMKRI Cabang Manado)

Manado, DetikManado.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Manado Sanctus Thomas Aquinas audiensi bersama KPU Kota Manado, di Gedung KPU Kota Manado, Sulut, Kamis (2/2/2023).

Diketahui, tema audiensi itu “Meningkatkan Partisipasi Generasi Muda Dalam Pemilihan Umum di Kota Manado”, yang merupakan hasil kajian PMKRI Manado.

Bacaan Lainnya

Dalam audiensi tersebut, PMKRI Manado diterima oleh Komisioner KPU Manado, diantaranya Ketua Divisi Teknis dan Hubmas Syahrul HS, Ketua Divisi SDM, dan Parmas Ismail Harun dan Ketua Divisi Hukum Sunday Rompas.

Ketua Presidium Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PMKRI Cabang Manado Sanctus Thomas Aquinas periode 2022-2023, Avidian Kumarurung menjelaskan misi PMKRI yaitu berjuang dan terlibat.

“Maka sebagai generasi muda tentunya memiliki idealisme membangun serta berjuang dan terlibat untuk terselenggaranya pesta demokrasi 2024,” katanya.

Dia menekankan pemuda adalah penerus perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi ujung tombak dalam setiap kemajuan suatu bangsa.

“Oleh karenanya, KPU hadir dan telah menjawab masalah lewat melibatkan generasi muda dalam pilar pelaksanaan,” jelas Avidian.

Avidian berharap kiranya sebagai generasi muda dapat memberikan semangat demokrasi bagi sekitar sehingga masyarakat menjadi sadar tentang pentingnya memilih pemimpin, yang sesuai hati nurani tanpa iming-iming lain.

PMKRI pun juga mengharapkan agar pada pemuda dapat mengisi kemerdekaan dan pembangunan Nasional juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bangsa termasuk penyelenggaraan pemilihan umum terlebih khusus Kota Manado,” jelas Avidian.

Terkait audiensi yang merupakan hasil kajian PMKRI Manado, Avidian mengungkapkan bahwa KPU Manado berharap agar pihaknya menjadi garda terdepan untuk menciptakan pemilih cerdas dan berkualitas untuk Generasi Z dan Generasi Milenial.

“Para generasi muda harus diberikan pemahaman bahwa memberikan hak suara dalam pemilu sangat penting, sebab hak suara mereka yang menentukan pemimpin sebagai penentu kebijakan, yang nantinya kebijakan itu akan berdampak kepada mereka sendiri,” kata Avidian mengutip audiensi tersebut.

PMKRI Manado berharap kiranya kajian mereka dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menjawab permasalahan menjelang Pemilu. (Richard Fangohoi/***)

Komentar Facebook

Pos terkait