Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di SMKN 3 Manado

Kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara di SMKN 3 Manado, Kamis (23/2/2023). (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Sebagai tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru, Politeknik Pelayaran Sulawei Utara menggelar sosialisasi di SMKN 3 Manado, Kamis (23/2/2023).

Sosialisasi tim Politeknik Pelayaran Sulawei Utara ini mendapat sambutan antusias para siswa Kelas XII SMKN 3 Manado yang hadir di aula sekolah tersebut.

“Jadi target kita adalah membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh lulusan SMA dan SMK di Sulawesi Utara untuk bisa masuk studi di Politeknik Pelayaran Sulawei Utara,” ungkap Kepala Unit Perpusataan Wasty Adilang didampingi salah satu dosen Iriawan saat diwawancarai usai kegiatan sosialisasi.

Wasty Adilang memaparkan, kali ini pihaknya mendatangi SNKN 3 Manado dengan target para siswa Kelas XII yang akan lulus sekolah, agar nantinya bisa mendaftarkan diri di Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara. Pihaknya juga mencari target sebanyaknya.

“Untuk siswa lulusan SMK itu memang terbatas yang bisa diterima, karena hanya bisa pada Program Studi manajemen Transportasi Laut,” ujarnya.

Sedangkan untuk siswa lulusan SMA, bisa masuk pada semua program studi yang ada di Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara yakni Manajelen Transportasi Laut, Studi Nautika, dan Permesinan Kapal. Jadi siswa SMK hanya punya satu pilihan program studi.

“Mengapa kita bikin sosialisasi di sini, karena SMKN 3 Manado ini sudah sering kerjasama dan menjadi mitra kita. Mereka meluluskan siswa di bidang akuntansi, keuangan, perkantoran yang bisa masuk ke Program Studi Manajemen Transportasi Laut,” ujar Wasty Adilang.

Terkait jalur penerimaan serta beasiswa yang ada di perguruan tinggi tersebut, Iriawan mengatakan, ada dua pola yakni polla pembibitan dan pola mandiri. Untuk pola pembibitan sama seperti sekolah kedinasan lainnya itu dibiayai pemerintah, dan lulusannya menjadi Aparat Sipil Negara atau ASN.

Komentar Facebook