Puluhan Mahasiswa FIKKM Unima Ikut Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) Universitas Negeri Manado (Unima), Theo Mautang membuka Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Tahun 2023, yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIKKM Unima. (Foto: Panitia PJTD BEM FIKKM Unima)

Tondano, DetikManado.com- Selama dua hari sejak Jumat-Sabtu (3-4/3/2023), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) Universitas Negeri Manado (Unima), menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Tahun 2023.

Sebelumnya, kegiatan yang diikuti sekitar 30 mahasiswa itu dibuka secara langsung oleh Dekan FIKKM Unima, Theo Mautang. Sedangkan pelatihannya dilaksanakan di Aula Villa Walikota GS Vicky Lumentut, Tondano, Minahasa, Sulut.

Bacaan Lainnya

“Semoga dengan kegiatan pelatihan jurnalistik ini boleh melahirkan jurnalis-jurnalis yang baik untuk menemukan kebenaran,” ujar Dekan Theo di ruang ujian FIKKM Unima Tondano, Jumat (3/3/2023).

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado, Fransiskus Talokon saat memaparkan materi kode etik jurnalistik dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Tahun 2023, Jumat (3/3/2023). (Foto: Panitia PJTD BEM FIKKM Unima)

Terpisah, Ketua BEM FIKKM Unima Kharisma Kontu menyampaikan bahwa pelatihan tersebut dapat membangun semangat bagi mahasiswa FIKKM untuk mengetahui keberadaan jurnalistik.

“Jurnalistik adalah hal yang harus diketahui untuk membangun paradigma kita sebagai manusia. Karena itu, perlu untuk dipelajari,” ujar dia, Sabtu (4/3/2023).

Adapun sejumlah materi yang diberikan kepada para peserta, yakni “Sejarah Jurnalistik Dunia, Indonesia dan Pers Mahasiswa” dan “Dasar-Dasar Jurnalistik” oleh Richard Fangohoi (jurnalis detikmanado.com).

Kemudian materi terkait “Kode Etik Jurnalistik” yang dipaparkan oleh Fransiskus Talokon (Ketua Aliansi Jurnalis Independen Manado dan kanalmetro.com).

Lalu kegiatan tersebut ditutup dengan materi “Berita dan Teknik Penulisan Berita” yang disampaikan Maher Kambey (jurnalis gawai.com).

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain ketua dan anggota BEM FIKKM, panitia kegiatan PJTD 2023 dan peserta PJTD 2023. (***/Richard Fangohoi)

Komentar Facebook

Pos terkait