Roadshow Startup Merambah Tomohon, Senduk Ajak Berbisnis Digital

Roadshow Startup Digital Via Zoom Meeting yang merambah Kota Tomohon, Jumat (20/8/2021). (Foto: Istimewa for DetikManado.com)

Tondano, DetikManado.com – Semakin dekat pelaksanaan kegiatan Nasional 1000 startup digital, Regional Officer Manado kembali menggelar roadshow di Tomohon, Sulut, Jumat (20/8/2021).

Regional Officer Manado sempat beraudiensi dengan Walikota Tomohon, Kadis Kominfo serta pimpinan universitas dan komunitas. Tak hanya itu, peserta roadshow ini pun mencapai 500 orang dari berbagai kalangan.

Bacaan Lainnya

Sejumlah tokoh penting hadir secara virtual dalam roadshow yang dilaksanakan melalui Via Zoom Meeting ini sebagai bentuk dukungan penuh terhadap gerakan #1000startupdigital.

“Bergabung dalam startup, akan membuka wawasan dan menuntun teman-teman untuk menemukan solusi terkait permasalahan yang terjadi di daerah kalian,” ujar Koordinator Startup digital Kementerian Kominfo RI, Sonny Sudaryana ST MMT saat memberikan sambutan bagi peserta.

Selain itu, Walikota Tomohon Caroll Senduk SH membuka secara resmi roadshow dan mengajak peserta untuk dapat menuangkan ide-ide brilian demi “Tomohon Kota Maju”.

“Banyak sekali sumber daya yang ada di kota Tomohon. Dengan sumber daya yang luar biasa, akan sangat berpotensi bila dikolaborasikan dengan teknologi,” kata Senduk.

Hal senada juga disampaikan oleh keynote speaker sekaligus Rektor Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Pdt Dr Arthur Rumengan MPdK.

“Generasi saat ini semakin dipermudah untuk membangun startup karena fasilitas yang bisa didapat dari mana saja, dan tidak memandang latar belakang pendidikan, yang penting punya niat dan usaha,” jelas pimpinan UKIT tersebut.

Roadshow yang berlangsung selama hampir kurang lebih 2 jam itu, diisi dengan video arahan dari Menteri Kominfo RI, Johnny Plate. Ada pula berbagai materi menarik dari 3 orang narasumber, diantaranya Quido Kainde yang memperkenalkan ToLE sebagai salah satu startup di Sulut, Lady Giroth yang berbagi soal Satu Tampa, serta Aprildy Ferdinandus ST MT yang memberi gambaran terkait ekosistem startup digital.

Banyak sekali ide dari peserta yang dituangkan dalam forum ini, beberapa diantaranya menitik beratkan pada pemasaran hasil pertanian dari Tomohon secara digital. Dengan adanya startup digital yang mulai merambah ke Tomohon, diharapkan kiranya potensi kota Tomohon akan semakin terekspos dan membawa dampak positif bagi kemajuan daerah.

Girot mengaku senang karena bisa menampung aspirasi dari para peserta melalui roadshow ini.

“Luar biasa antusiasme dari peserta yang kritis dan jeli melihat potensi digital di Tomohon, semoga ini akan tetap dipertahankan hingga pelaksanaan kegiatan #1000startup nanti,” jelas Giroth yang merupakan Regional Officer Manado.

Bersamaan dengan itu, Leyne Sagay yang juga Regional Officer Manado menyemangati peserta untuk bisa semakin mengembangkan potensi diri dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Jangan takut gagal, karena tidak ada bisnis yang tidak beresiko, kegagalan justru adalah bahan evaluasi menuju masa depan yang penuh inovasi,” tutup Leyne. (***/rf)

Komentar Facebook

Pos terkait