Satgas Nemangkawi Ungkap Kondisi Geografis di Papua

Timika, DetikManado.com –  Meski dengan kondisi geografis dan medan yang sulit, namun pasukan TNI-Polri yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi di Papua takkan pernah gentar dalam memburu kelompok kriminal teroris bersenjata (KKTB).

“Saat ini mereka termonitor IT  sudah kabur dan mundur sampai ke daerah Kuyawage wilayah lany jaya, dan pasukan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah Puncak Papua,” ujar Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Polisi M Iqbal Alqudusy, Minggu ( 23/05/2021)

Dia juga tidak menampik jika dilapangan KKTB lebih menguasai medan, karena kelompok ini lebih mengenal kondisi geografis Papua.

” Ini adalah daerah tempat mainnya mereka sejak kecil serta medan dan kondisi geografisnya luar biasa. Soal penguasaan medan, mereka (KKTB) lebih menguasai daripada kami,” beber Iqbal.

Selain kondisi geografis, faktor lainnya karena masih ada oknum-oknum masyarakat yang diduga memberikan informasi dan  perlindungan kepada KKTB saat dilakukan pengejaran dari pasukan TNI-Polri.

Serta menjadikan masyarakat sebagai tameng hidup. Hal ini menurutnya, membuat pihaknya kesulitan dalam melakukan penindakan, karena tidak menginginkan adanya jatuh korban dari masyarakat.

Simpatisan KKTB dari masyarakat juga menjadi faktor lainnya, hingga KKTB dengan mudah melakukan penyerangan terhadap pasukan TNI-Polri saat dilakukan pengejaran.

Simpatisan ini berada di tengah-tengah masyarakat, dan selalu memberikan informasi kepada KKTB.

Meski demikian, saat ini pihaknya tengah melakukan pemisahaan antara masyarakat dan simpatisan KKTB.

Komentar Facebook