Tanggapan MUI Sulut Mengenai Vaksin Covid-19

  • Whatsapp

Manado, DetikManado – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesi (MUI) Sulut, KH Abdul Wahab Abdul Gofur menuturkan, dalam situasi pendemi Covid-19 ini warga tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Selain itu dia juga berbicara tentang vaksin Covid-19.

“Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, untuk keselamatan kita sendiri dan keselamatan orang lain,” tutur Gofus, Selasa (27/10/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, ketika melakukan perjalanan maka harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Seperti

“Seperti rapid test dan swab ini juga demi keselamatan kita, selama wabah ini belum selesai maka kita harus patuhi aturan yang di anjurkan oleh pemerintah,” ujar nya.

Dia mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan vaksin Covid-19 tentunya akan menyelesaikan maslah. Meski demikian dia mengingatkan, pemerintah jangan terburu-buru.

“Jangan sampai bukan menyelesaikan masalah, tapi menambah masalah,” ujarnya.

Selain itu vaksin juga harus ada pernyataan halal dari MUI atau Kementrian Agama terutama untuk umat Muslim. Ini jadi masalah lagi sebab kalau vaksin berbau-bau tidak halal, hukumnya haram ketika digunakan. Vaksin itu harus mengikuti proses uji coba.  

“Jadi perlu adanya penelitian, kehati-hatian dalam memproduksi vaksin ini,” katanya.

Gofur mengimbau kepada pemerintah untuk memperhatikan keselamatan dan kehalalan ketika menggunakan vaksin Covid-19. (tr-01)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *