Tips Memilih Makanan Instan yang Aman dan Sehat

Bagaimana memilih makanan instan yang sehat dan aman sangat penting untuk diketahui. (Foto: pexels.com)

Jakarta, DetikManado.com – Makanan instan sering jadi pilihan warga dengan berbagai alasan. Misalnya saja karena praktis, dan tidak memerlukan waktu yang relative lama untuk bisa mengkonsumsinya.

Namun makanan instan tak selamanya aman dan sehat untuk kesehatan tubuh. Maka, bagaimana memilih makanan instan yang sehat dan aman sangat penting untuk diketahui.

Dilansir dari Antara, pakar Nutrisi dari Universitas Indonesia, Widya Fadila MKM memberikan kiat-kiat untuk memilih makanan instan yang aman untuk dikonsumsi.

“Saat berpuasa kadang di jalan atau saat sahur kita butuh cepat dan praktis, namun ada sejumlah hal yang perlu kita perhatikan saat membeli produk instan,” ujarnya, Kamis (30/3/2022).

Kwetika bulan Ramadhan terkadang menuntut umat Islam untuk menyiapkan makanan yang cepat dan praktis, utamanya saat sahur.

Tidak jarang masyarakat Indonesia yang berburu sejumlah pangan instan sebagai stok di rumah menjelang bulan suci. Namun bila tidak berhati-hati dalam pemilihan produk dapat berdampak pada kesehatan.

Hal pertama yang kerap luput dari perhatian banyak orang adalah pemeriksaan tanggal kadaluarsa atau expiry date.

“Terkadang ini hal utama yang sering dilupakan, ketika sampai rumah baru menyadari. Makanan yang sudah kadaluarsa tentu tidak baik karena kandungan gizi atau kimianya sudah berubah dan mengandung bakteri,” ujarnya.

Komentar Facebook