3 TKA Tiongkok Terdeteksi Probable Omicron Saat Masuk Sulut

Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Manado, DetikManado.com – Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel menyebutkan, hingga saat ini status 3 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok adalah Probable Omicron. Tiga TKA itu terdeteksi saat masuk ke wilayah Sulut melalui jalur penerbangan.

“Sampai sekarang statusnya probable omicron, karena untuk memastikan apakah itu omicron ada standar emas pengujiannnya,” ungkap Dandel saat jumpa pers di Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi Sulut, Kamis (16/12/2021).

Bacaan Lainnya

Dandel mengatakan, saat ini reagent khusus didatangkan dari Kemenkes bisa mendeteksi gen S yang ada di Sars Cov-1, itu menunjukan sampel tersebut probabilitasnya ke Omicron cukup kuat.

“Tapi Gen S bisa terdapat pada varian yang lain. Sehingga untuk standarnya harus dilakukan pemeriksaan S Gene Target Failure atau SGTF,” ujar Dandel.

Dandel mengatakan, hasil pemeriksaan di Balitbangkes Kemenkes RI nantinya yang akan memastikan apakah sampel 3 TKA itu varian omicron atau tidak. Jangka waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan itu 2 minggu.

Komentar Facebook

Pos terkait