Ada Family Gathering Peringatan Hari Komsos 2021 di Paroki Tataaran

  • Whatsapp
Family Gathering peringatan hari Komsos seduni di Paroki Tataaran. (Foto: Istimewa for DetikManado.com)

Tondano, DetikManado.com – Bertajuk Family Gathering, peringatan Hari Komunikasi Sosial (Komsos) se dunia ke-55 tahun 2021 digelar di Aula Gereja Katolik Paroki St Antonius Padua Tataaran, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa, Sulut, Minggu (16/5/2021).

Family Gathering diawali dengan misa yang dipimpin Uskup Keuskupan Manado, Mgr Benedictus ER Untu MSC dan diikuti belasan anggota Komsos di berbagai paroki Keuskupan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Mgr Untu mengatakan, tema yang diangkat Paus Fransiskus pada peringatan Hari Komsos tahun 2021 yakni Datang dan Lihatlah, menarik untuk mendorong peran komunikasi dalam gereja, yang dilakukan bidang Komsos. Hal ini untuk menyebarluaskan kebenaran injil melalui media.

Mgr Untu menegaskan, perumpamaan yang diangkat Paus Fransiskus seperti menghabiskan sol sepatu adalah tindakan nyata keterlibatan Komsos di tengah umat. 

“Cara iman kristiani dikomunikasikan secara langsung atau turun lapangan,” ujar Mgr Untu menjelaskan pesan tersirat Paus Fransiskus.

Ketua Komsos Keuskupan Manado Pastor Made Pantyasa MSC mengapresiasi keterlibatan umat dalam bidang Komsos di berbagai paroki dengan penuh kerelaan dan kemauan, serta terpenting peran Komsos.

“Menjadi komunikator iman dan kebenaran, karena bekerja di lingkungan gereja,” kata Pastor Made.

Selain itu, Pastor Made menjelaskan bahwa Family Gathering ini dilakukan agar para anggota Komsos di berbagai paroki dapat menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan, salah satunya live streaming saat pandemi Covid-19.

Pastor Made mengakui, kegiatan Komsos dilakukan dengan terdapat kendala dan kekurangan di masing-masing paroki. Akan tetapi katanya, dengan semangat yang dimiliki berbagai kekurangan itu dapat diatasi.

“Semoga gereja kita semakin hari semakin berkembang dan tentu semakin jaya karena peran dari Komsos,” kunci Pastor Made.

Ia juga mengatakan bahwa ke depannya, ada berbagai rencana dan program yang akan dicetuskan dan dilakukan untuk menunjang peran Komsos seperti pelatihan.

Senada dengan Pastor Made, Pastor Paroki St Antonius Padua Tataaran, Pastor Troyani Kalengkongan Pr mengungkapkan, peran Komsos melalui media adalah bentuk pewartaan. Ia juga merasa bangga akan antusias dari berbagai Komsos yang mengikuti Family Gathering.

Pastor Troy sapaan akrabnya ini pun mengutip Roma 10:14-15 dengan bunyi “Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?”.

Hal tersebut disampaikan Pastor Troy untuk mendorong semangat pewartaan dan panggilan Komsos dalam menyampaikan kebenaran Kitab Suci melalui media.

“Saya yakin dengan adanya Komsos, bertambah lagi tenaga, energi dan daya untuk memberitakan tentang Yesus,” pungkasnya.

Dia juga berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan kelompok-kelompok kategorial dalam mensukseskan kegiatan Family Gathering tersebut.

Kegiatan itu juga diisi dengan beberapa agenda seperti audiensi para jurnalis senior yang beragama Katolik dengan Mgr Untu dan Pastor Made. Selanjutnya pelatihan jurnalistik yang diberikan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado, Fransiskus Talokon. Pada sesi sharing, berbagai Komsos membuat kelompok untuk menceritakan pengalaman, kendala dan tujuan mereka dalam bidang Komsos.

Untuk diketahui, Family Gathering merupakan pertemuan awal berbagai Komsos di Keuskupan Manado untuk berbagai pengalaman selama melakukan tugas-tugas bidang Komsos dan berbagai program-program kerja yang akan dilakukan. (rf)

 

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait