Ada Pembukaan Latpraops Bina Kusuma Samrat 2022 di Polda Sulut

Manado,DetikManado.com – Kapolda Sulut melalui Irwasda Kombes Pol Tedjo Dwikora, membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Kewilayahan Bina Kusuma Samrat 2022, Selasa (17/5) pagi, di ruang Tribrata Mapolda.

Membacakan amanat tertulis Kapolda, Irwasda mengatakan, Latpraops ini adalah langkah awal dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum pelaksanaan operasi.

“Baik pada kesiapan aspek personel, material, sarana prasarana, serta kelengkapan pendukung lainnya dalam pelaksanaan operasi kepolisian, sehingga nantinya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang optimal,” ujar Dwikora.

Dijelaskannya, Operasi Bina Kusuma merupakan operasi kepolisian dengan bentuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang mengedepankan polisi berseragam, yang diarahkan pada sasaran potensi gangguan dan ambang gangguan agar tidak menjadi gangguan nyata.

“Operasi ini bertujuan untuk mencegah dan menangkal segala bentuk tindak kriminal atau kejahatan yang diakibatkan oleh perilaku atau tindakan preman dan premanisme serta penyakit masyarakat lainya yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,” jelasnya, didampingi Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi.

Selain itu,Operasi Bina Kusuma Samrat 2022 memiliki tugas untuk membangun dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya situasi Kamtibmas yang kondusif,guna menjamin kenyamanan masyarakat dalam melakukan aktivitasnya setiap hari, serta membantu mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan sasaran operasi antara lain, orang yaitu preman yang meresahkan masyarakat seperti perilaku mabuk-mabukan, pemalakan, kemudian penyakit masyarakat seperti miras, narkoba, prostitusi, dan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan sasaran tempat antara lain, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan dan lainnya,” rincinya.

Untuk cara bertindak dalam operasi, sambung Dwikora, ada berbagai cara.

“Antara lain pembinaan dan penyuluhan, sambang door to door, serta melakukan vaksinasi di lokasi-lokasi yang menjadi sasaran operasi,” katanya.

Kapolda dalam amanatnya tersebut berharap, operasi dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab dan wajib mempedomani peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

“Agar setiap langkah teknis dan taktis selama operasi tidak terjadi kesalahan, baik secara administrasi maupun operasional. Dan yang perlu diperhatikan adalah, operasi ini didukung oleh anggaran negara yang wajib dipertanggungjawabkan dalam bentuk produk perwabku dan pelaporan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan Latpraops yakni beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, dengan peserta para Kabagops, Kasatbinmas dan staf. Para peserta mendapatkan materi pelatihan dari Biro Operasi dan Ditbinmas Polda Sulut.

Diketahui, Operasi Bina Kusuma Samrat 2022 akan dilaksanakan serentak oleh Polda Sulut dan Polresta serta Polres jajaran selama 15 hari, mulai 18 Mei hingga 1 Juni mendatang.(ml)

Komentar Facebook