Akhir Polemik Penutupan Akses Jalan Perbatasan Klabat-Karondoran

  • Whatsapp
Ruas jalan perbatasan Karondoran – Klabat.

Minut, DetikManado.com – Pembatasan akses masuk arus transportasi ke arah Kota Bitung terkait penyebaran Covid-19 berdampak pada akses transportasi dan ekonomi masyarakat.

Pemkot Bitung hanya membuka satu akses masuk yakni jalan Raya Manado Bitung, Batas Kota Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari, dan menutup jalan Tanjung Merah – Kema, Jalan Karondoran – Klabat serta jalan Pinasungkulan – Likupang.

Bacaan Lainnya

Selama dua pekan penutupan jalur itu, desakan terus disampaikan warga Desa Klabat, Kabupaten Minahasa Utara. Akhirnya Pemkot Bitung membuka akses jalan tersebut, Jumat (17/04/2020).

Warga Desa Klabat Aditya P Moh Saleh mengatakan, dampak dari penutupan total tersebut semua kendaraan tidak bisa lewat. Sehingga dia tidak bisa mengambil hasil pertanian untuk dijual dan dibawa ke pasar.

“Ya kami hanya bisa pasrah sambil berdoa agar hasil pertaniannya bisa dijual, agar masyarakat tidak kekurangan pangan,” ujarnya.

Dia mengatakan, hari pertama sampai keempat penutupan semua akses perekonomian mati. Nanti hari kelima masyarakat saling membantu membuat jalan pintas lewat perkebunan agar kendaraan pengangkut hasil pertanian bisa lewat dan dibawa ke Pasar Girian.

“Karena jalan darurat ini hanya area perkebunan yang berumput dan banyak lubang-lubang, maka hasil pertanian yang kami bawa tidak banyak, dan ini berdampak pada penghasilan kami yang berkurang,” katanya.

Senada disampaikan Arman Sunah. Warga Desa Klabat ini mengeluh dengan adanya penutupan Jalan Karondoran – Klabat.

“Kami sangat menderita karena tidak bisa berbelanja sembako ke pasar, dan menjual hasil kebun,” ujarnya.

Pemkot Bitung, Jumat (17/04/2020), akhirnya membuka perbatasan Jalan Kelurahan Karondoran, Kota Bitung -Desa Klabat, Kabuoaten Minut.

Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo saat ditemui di lokasi perbatasan Karondoran – Klabat, mengatakan ruas jalan itu telah dibuka dan akan ditempatkan tim medis untuk memeriksa masyarakat yang akan keluar masuk Kota Bitung.

“Kita sudah melibatkan semua Dinas yang ada dan seizin Wali Kota Bitung. Mulai Sabtu kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang keluar masuk Kota Bitung,” ungkap Kapolres. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *