Babinsa di Manado Bantu Petani Kelapa Membuat Kopra dan Arang Briket

Babinsa Koramil 1309-03/WSM, Serda Daud Laruanaung membantu petani kelapa membuat kopra dan arang briket di Kelurahan Bahu, Kota Manado, Senin (27/3/2023). (Foto: Penerangan Kodim 1309 Manado)

Manado, DetikManado.com – Babinsa Koramil 1309-03/WSM, Serda Daud Laruanaung mengunjungi petani kelapa di perkebunan Kelurahan Bahu, Lingkungan 9, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulut, Senin  (27/3/23).

Dalam kesempatan itu, Babinsa menyampaikan bahwa tanaman kelapa merupakan komoditas perkebunan yang sangat potensial, di mana seluruh bagiannya bermanfaat untuk keperluan sehari-hari.

“Di pihak petani, komoditas ini berperan sebagai salah satu komponen ekonomi untuk meningkatkan pendapatan petani kelapa,” ujar Daud.

Dia memaparkan, pesatnya peningkatan luas areal tanaman kelapa belum diringi dengan perkembangan industri pengolahan hasil. Sampai saat ini, industri di tingkat petani hanya sebatas pengolahan kelapa menjadi kopra dan arang briket.

Turunnya harga kopra pada beberapa tahun belakangan telah mengubah pola usaha. Sebagian petani yang semula hanya mengolah daging buah kelapa menjadi kopra, bahkan banyak petani kelapa sudah tidak lagi membuat kopra. Sehingga petani kelapa sudah memanen kelapanya dijadikan kelapa mudah.sebagai jajanan jalanan.

Komentar Facebook