Barantan Ajak Pemangku Kepentingan Cari Solusi Soal Virus Flu Babi Afrika

Kepala Pusat Kepatuhan, Kerja Sama dan Informasi Perkarantinaan, Barantan, Junaidi saaat berada di Manado beberapa waktu lalu. (foto: Istimewa)

Manado, DetikManado.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) mengajak semua pemangku kepentingan duduk bersama mencari solusi masuknya virus flu babi Afrika atau ‘African Swine Fever’ (ASF) di Sulawesi Utara.

“Kalau ada laporan bahwa ASF sudah masuk, ini perlu kerja sama, sinergi antara semua pemangku kepentingan untuk memastikan dan menyatakan status itu,” kata Kepala Pusat Kepatuhan, Kerja Sama dan Informasi Perkarantinaan, Barantan, Junaidi di Manado, Senin (13/08/2023).

Lanjutnya, manakala semua pihak duduk bersama, maka akan memunculkan solusi kebijakan untuk meminimalisasi karena Sulawesi Utara atau Manado termasuk paling banyak populasi ternak babi.

“Beternak babi itu merupakan salah satu penghasilan atau mata pencaharian warga Sulawesi Utara,” ujarnya.

Menurut dia, harus diidentifikasi terlebih dahulu agar seluruh pemangku kepentingan termasuk otoritas veteriner di bawah kepemimpinan pak gubernur dilibatkan perangkat daerah terkait menjaga pintu-pintu masuk dan keluar ternak ini.

Komentar Facebook