Buka Rakernas PMKRI, Jerry Sambuaga: Ekspor Indonesia Lebih Besar dari Impor

Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PMKRI ke-XI, di Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (23/1/2023). (Foto: Stefanus Goni/DetikManado.com)

Toraja, DetikManado.com – Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI Jerry Sambuaga membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PMKRI ke-XI, di Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (23/1/2023). Kegiatan yang dirangkaikan dengan pameran UMKM itu diikuti sekitar 51 cabang PMKRI se-Indonesia.

Wamen Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengatakan bahwa saat ini negara Indonesia per Desember 2022 mengalami surplus neraca perdagangan RI. Dimana berarti ekspor Indonesia lebih tinggi dari impor dan berada di angka 54,46 Milliar USD, dihimpun dari data Kementerian Perdagangan dan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Dari ekspor, 70% persen merupakan barang dari industri yang sudah diolah dan memiliki nilai tambah di luar negeri,” ujar Jerry.

Wamen Jerry mengharapkan generasi muda untuk memastikan kemandirian dan kedaulatan untuk memastikan yang bisa diekspor ke luar negeri.

“Memberdayakan potensi digitalisasi seperti melakukan pembayaran menggunakan cashlesh payment untuk mempermudah transaksi keuangan dan memaksimalkan para pedagang dalam mendapatkan modal usaha melalui pinjaman atau kredit,” katanya.

Kementerian Perdagangan, sebut Wamen Jerry juga mempunyai banyak sekali program binaan UMKM.

“Kalau ada UMKM yang mau dibantu, minta saja kontaknya, nanti kalau Tuhan berkenan kita akan fasilitasi,” tegas Wamen yang berasal dari Sulut ini.

Menurut Wamen Jerry, UMKM berjumlah hanya 63,5 juta berkontribusi terhadap 63,5% PDB, berkontribusi terhadap 92% tenaga kerja, sehingga UMKM harus di dukung.

“Kita saat ini harus support UMKM, kita berdayakan mereka, kita harus bangga buatan Indonesia,” tambahnya.

Rakernas PMKRI kali ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda Menyongsong Indonesia Emas 2045”. (Stefanus Goni)

Komentar Facebook