Dandim 1309/Manado Bawa Badut Jalanan Hibur Anak-anak Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) ikut menghibur anak-anak di lokasi pengungsian yang berada di kantor BPMP Provinsi Sulut pada, Kamis (16/5/2024) pagi. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Pineleng, DetikManado.com – Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) punya kiat khusus untuk menghibur anak-anak yang terdampak erupsi Gunung Ruang. Dia mendatangkan badut-badut jalanan ke pengungsian.

Suasana tenang di Balai Peningkatan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulut yang berada di Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, tiba-tiba berubah menjadi hiruk pikuk pada, Kamis (16/5/2024) pagi, sekitar pukul 09.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Puluhan anak bersama orang tua mereka dengan sukacita menyambut rombongan Dandim 1309/Manado yang datang. Suasana menjadi begitu heboh, karena ternyata ada 4 badut jalanan juga ikut dalam rombongan itu.

“Baru sekarang kami kedatangan badut jalanan untuk menghibur anak-anak kami di lokasi pengungsian ini,” ujar salah satu pengungsi.

Kehadiran 4 badut jalanan itu disambut dengan senyum sukacita dan tawa lebar dari anak-anak, bahkan orang tua mereka. Menariknya, tidak hanya senang dan tertawa, ada juga anak yang menangis karena baru pertama kali melihat badut.

“Kami dari kampung, anak-anak baru kali ini lihat badut. Jadi ada yang senang, ada yang kaget dan takut. Tapi yang pasti ini membuat suasana menjadi seru,” ujar salah satu pengungsi yang anaknya sempat menangis.

Setelah berfoto bersama di sebuah aula, rombongan Dandim 1309/Manado bersama anak-anak dan orang tua serta badut tersebut berjalan menuju lokasi tempat tinggal para pengungsi.

Suara musik membuat warga di pengungsian itu, baik anak-anak maupun orang tua menari bersama jajaran Kodim 1309/Manado dan Koramil Pineleng.

Badut jalanan yang datang bersama tim Kodim 1309/Manado menghibur anak-anak di lokasi pengungsian yang berada di kantor BPMP Provinsi Sulut pada, Kamis (16/5/2024) pagi. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Di depan sebuah bangunan, para badut membagikan sejumlah bingkisan yang terdiri dari beragam makanan ringan, serta buah-buahan segar. Anak-anak, dan juga para orang tua, dengan penuh suka cita menerima bingkisan yang diberikan.

“Hari ini kami datang ke sini, berjumpa dengan saudara-saudara kita yang berasal dari dua desa di kaki Gunung Ruang yakni Desa Pumpente dan Desa Laingpatehi. Ini dua kawasan yang terdampak langsung erupsi,” papar Himawan Teddy Laksono didampingi Danramil 1309-04/PTM Kapten Chb Albert Lengkoan.

Dia memaparkan, ada sejumlah lokasi pengungsian di Kota Manado yakni di Bapelkes Malalayang, dan di Paal IV. Kali ini pihaknya datang di BPMP Pineleng, karena lokasi itu merupakan penampungan warga yang nantinya akan direlokasi ke Kabupaten Bolmong Selatan.

“Kami memberikan trauma healing untuk anak-anak, termasuk kepada warga atau saudara yang berdampak langsung,” ujarnya.

Himawan Teddy Laksono mengatakan, warga yang mengungsi di BPMP itu akan direlokasi ke Desa Mobisi, Kabupaten Bolmong Selatan, setelah nantinya mereka menerima fasilitas seperti di tempat tinggalnya semua di Pulau Ruang.

Komentar Facebook

Pos terkait