Diduga Terkait Money Politics, Tahapan Pemilihan Rektor Unsrat Manado Diulang Kembali

Rapat Senat Unsrat yang dihadiri Dirjen Diktiristek Nizam pada Rabu 12 Oktober 2022 lalu. (Foto: Humas Unsrat)

Manado, DetikManado.com – Setelah sempat tertunda sejak April 2022 akibat dugaan money politics, tahapan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado akhirnya diulang kembali.

Tahapan Pilrek Unsrat sebenarnya sudah sampai pada tahap penyaringan yang meloloskan 3 nama ke Mendikbudristek. Tiga nama itu yakni Dedie Tooy, Fabian Manopo, dan Grevo Gerung.

Namun aroma money politics, serta dugaan kecurangan yang terjadi saat proses penyaringan itu membuat Mendikbudristek menunda tahapan Pilres Unsrat. Mendukbudristek juga memperpanjang masa jabatan Rektor Unsrat Ellen Kumaat.

“Setelah ada pertemuan dengan Dirjen Dikdtiristek, maka Pilrek Unsrat diulang kembali dengan tahapan penjaringan bakal calon,” ungkap Jubir Unsrat Max Rembang, JUmat (28/10/2022).

Rembang mengatakan, tahapan Pilrek Unsrat telah dimulai dengan pengunguman pemilihan rektor pada 24-27 Oktober 2022. Selanjutnya memasuki pendaftaran bakal calon.

“Untuk pendaftaran dibuka 28 Oktober hingga 4 November 2022,” ujarnya.

Diketahui, Pilrek Unsrat ini diulang kembali berdasarkan instruksi Dirjen Diktiristek Prof Nizam ke Senat Akademik Unsrat pada rapat 12 Oktober 2022 lalu. Rapat itu turut dihadiri Irjen Kemendikbudristek Dr Chatarina Muliana SH SE MH.

Saat itu Nizam menginstruksikan agar pemilihan Rektor segera dilaksanakan sebelum tahun 2022 berakhir. (Yoseph Ikanubun)

 

 

Komentar Facebook