Gempa Bumi Tektonik M6,1 di Malut, Terasa Hingga di Sulut

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Warga di sejumlah wilayah di Sulut, Senin (06/04/2020), sekitar pukul 02.37 Wita, terhentak akibat guncangan gempa. Sejumlah warga sempat mengkhawatirkan kondisi ini.

“Gempanya terasa, kami was-was dalam rumah,” ujar Imelda Sondakh, warga Malalayang, Manado.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.52 LU dan 126.43 BT.

“Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 km arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 67 km,” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Triyono mengungkapkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan pada lempeng laut Maluku.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” ujarnya. 

Dia menambahkan, gempa bumi ini dirasakan di daerah Bitung, Siau, Manado, Kota Ternate. beberapa benda yang digantung bahkan bergoyang. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *