Gencarnya Edukasi Prokes Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Sulut

Aparat Kepolisian terus meningkatkan kegiatan edukasi pelaksanaan prokes pencegahan penyebaran Covid-19 kepada warga Sulut.

Amurang, DetikManado.com – Polres Minahasa Selatan melaksanakan patroli skala besar pada pelaksanaan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) di wilayah Kecamatan Tompasobaru dan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

KRYD dilaksanakan mulai Jumat malam (10/12/2021) hingga Sabtu pagi, dipimpin langsung Kapolres Minsel AKBP S Norman Sitindaon, dan diikuti oleh seluruh perwira, piket fungsi, Tim Resmob, Tim UPRC serta penebalan perkuatan dari anggota Polsek Rayonisasi.

Bacaan Lainnya

“Untuk menjaga stabilitas kamtibmas, penegakan hukum, serta edukasi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. KRYD dilakukan dengan menggelar razia kepolisian sasaran sajam, miras, premanisme, serta pendisiplinan prokes,” ujar Norman.

Razia dilakukan dengan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari.

“Kita lakukan pemeriksaan secara humanis dan berwibawa, sasaran prioritas sajam, orang mabuk, serta pelanggaran prokes,” ujar Kapolres Minsel.

Dia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, tokoh-tokoh pemuda, tokoh agama serta unsur pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk pro aktif turut serta mengupayakan langkah-langkah nyata dalam menjaga stabilitas kamtibmas.

“Harapan kedepannya, seluruh pihak baik pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, untuk mendukung upaya penegakan hukum dalam rangka menjaga stabilitas kamtibmas serta penerapan prokes,” ujarnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan Kapolsek Nuangan AKP Sudarsono yang memimpin pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sekaligus menyampaikan imbauan protokol kesehatan (prokes), Sabtu malam (11/12/2021) malam.

“Kegiatan kami lakukan di enam titik yaitu, di depan Mapolsek, dan lima desa antara lain, Nuangan depan lapangan Garuda, Nuangan Induk, Nuangan Barat, Nuangan Selatan, dan Iyok,” ujar AKP Sudarsono.

Dalam kegiatan malam itu, petugas melakukan patroli untuk memantau situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Nuangan, Kabupaten Bolmong Timur.

Sudarsono menerangkan, pihaknya juga mengajak warga untuk mematuhi prokes 5M yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

“Selain itu kami juga mengajak warga masyarakat Nuangan untuk mengikuti vaksinasi. Karena ini sangat penting untuk mencapai kekebalan kelompok demi menekan laju penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Dia menambahkan, KRYD dan imbauan tersebut dilakukan secara berkelanjutan di seluruh wilayah hukum Polsek Nuangan.

“Tujuannya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, sekaligus menyadarkan masyarakat akan pentingnya disiplin prokes dan vaksinasi,” ujarnya memungkasi.

Berdasarkan data yang disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, hingga Sabtu (11/12/2021), jumlah akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 34.658 orang. Akumulasi kasus sembuh sebanyak 33.555 orang, kasus meninggal 1.043 orang, dan kasus aktif 60 orang.

“Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sulut per 11 Desember 2021 adalah 96,82 persen dan angka kematian  atau case fatality rate sebesar 3,01 persen,” ungkap Dandel. (joe)

Komentar Facebook

Pos terkait