Jeremia dan Frishlly Pimpin BEM Unima Periode 2020-2021

  • Whatsapp
Wapresma Unima, Frishlly Pantow dan Presma Unima, Jeremia R Pantow (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Tondano, DetikManado.com – Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unima melaksanakan Sidang Umum Mahasiswa (SUM) lanjutan di Gedung Kuliah Bersama Unima Tondano, Minahasa, Sulut, Senin (10/8/2020).

Sidang kali ini mengagendakan pemilihan dan penetapan Presiden Mahasiswa (Presma) dan Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unima periode 2020-2021. Sedangkan, sistem pemilihan yang diterapkan yaitu sistem delegasi.

Bacaan Lainnya

Ketua DPM Unima, Geraldo Pati mengatakan, agenda SUM lanjutan itu berjalan dengan baik, walaupun sempat terjadi penundaan dua kali. Setelah itu, dilanjutkan dengan agenda pemilihan Presma dan Wapresma Unima periode 2020-2021 oleh peserta penuh.

“Hasil dari pemilihan Presma dan Wapresma melawan kotak kosong dengan jumlah 14 suara yang didapatkan,” ungkap Pati kepada DetikManado.com melalui aplikasi pesan singkat.

Dia menyebutkan, kertas suara hasil pemilihan tersebut 1 suara dari kotak kosong dan 1 suara yang rusak, sehingga total suara dari pemilih atau peserta penuh berjumlah 16 suara. Pemilih sendiri merupakan delegasi atau utusan lembaga dan non lembaga kemahasiswaan tingkat universitas.

“Akhirnya menetapkan Presma Unima, Jeremia R Pantow dan Wapresma Unima, Frishlly Pantow,” kata Pati.

Selama berlangsungnya sidang sejak tahun lalu, muncul kendala dari peserta dan beberapa kali mengalami penundaan. Sidang yang ditunda paling lama terjadi pada bulan Desember 2019, akhirnya dibuka kembali bulan Agustus 2020 ini.

“Selebihnya adalah dinamika dan perdebatan yang begitu sangat luar biasa di saat persidangan berlangsung,” cerita Pati.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPM Unima, Jeisi Walangitan menjelaskan proses tahapan penjaringan calon yang dilalui. Penjaringan dibuka sejak tanggal 27 Januari 2020 sampai tahap uji kriteria dan berkas 10 Maret 2020.

“Jadi tahap pencalonan dari pengajuan bakal calon, seleksi kriteria dan berkas dan ditetapkan sebagai calon, setelah itu pemilihan,” katanya.

Walangitan menambahkan, dari proses tahapan tersebut hanya ada satu pasangan calon yaitu Jeremia Pantow dan Frishlly Pantow.

“Semoga Presma dan Wapresma BEM Unima yang terpilih bertanggung jawab dan tetap pada perjuangan bersama mahasiswa. Karena semua dari, oleh dan untuk mahasiswa,” pungkasnya.

Lain kesempatan, Wapresma Unima terpilih Frisllhy Pantow berkomitmen mendukung penuh dan mensupport Presma Unima dalam menjalankan roda kepemimpinan.

“Kami juga akan bersama menjalankan program kerja sesuai dengan visi dan misi yakni menjadi wadah utama yang transparan dan independen untuk menampung, sekaligus menjalankan aspirasi dari mahasiswa,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, BEM Unima periode 2020-2021 ke depannya lebih baik dan melaksanakan program-program kerja satu tahun sesuai dengan rencana.

“Untuk itu, mohon doa dan dukungan dari kawan-kawan mahasiswa dan sivitas akademika Unima dalam menjalankan amanah dan tugas,” kata Frishlly sambil menambahkan, Jayalah Unima, Unima Top, Hidup Mahasiswa.

Sebelumnya, sidang itu juga mengamandenenkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unima tahun 2020. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *