JPS Sukses Menggelar Pelatihan Jurnalistik di SMK Yadika Manado

  • Whatsapp
Pelatihan ini bertempat di Kolam Pemancingan Talise Park, Kolongan, Minut, Sabtu (16/11/2019).

Manado, DetikManado.com – Kegiatan Pelatihan Jurnalistik sukses digelar Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) untuk siswa-siswi SMK Yadika Manado. Pelatihan ini bertempat di Kolam Pemancingan Talise Park, Kolongan, Minut, Sabtu (16/11/2019).

“Ini merupakan pelatihan jurnalistik keenam yang kami laksanakan. Semoga bisa bermanfaat bagi pembentukan karakter siswa, menambah pemahaman serta ketrampilan dalam bidang jurnalistik,” ungkap Ketua JPS Julkifli Madina didampingi Sekretaris Felly Taung.

Muat Lebih

Julkifli mengungkapkan, sebelumnya JPS telah melaksanakan kegiatan yang sama di SMAN 1 Manado, SMK Baramuli Airmadidi yang diikuti oleh SMK dan SMK di Kabupaten Minut, SMA Kristen Tumou Tou Bitung yang diikuti SMA dan SMK di Kota Bitung. Kemudian di SMKN 1 Manado, dan SMAN 7 Manado. “Kami mengagendakan pelatihan untuk sekolah-sekolah di daerah lainnya seperti Minahasa, Tomohon, Bolmong Raya, termasuk di Nusa Utara,” ujar Julkifly, yang juga wartawan Radio Golden Heart Manado ini.

Sejumlah game dan simulasi mewarnai pelatihan jurnalistik siswa SMK Yadika Manado.

Dalam pelatihan itu, tampil sebagai fasilitator adalah Ketua Majelis Etik (ME) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado Yoseph E Ikanubun dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut Agustinus Hari.

Ikanubun memberikan penjelasan terkait dasar-dasar jurnalistik, media sosial dan bagaimana menangkal hoaks. Selanjutnya Hari memberikan tips dan simulasi menulis berita.

Siswi kelas XI Jurusan Akuntansi, SMK Yadika Manado Monica Mangusuhe mengapresiasi materi-materi yang diberikan. Menurutnya, itu dapat dia praktekan di sekolah dan juga di kehidupan sehari-hari. “Mengenal dunia jurnalistik ataupun cara mengetahui informasi hoaks yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah hal yang jarang saya dapatkan,” ujarnya. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *