Jurusan PPKn Unima Sukses Gelar Kuliah Implementasi Merdeka Belajar

  • Whatsapp
Kuliah umum Jurusan PPKn FIS Unima. (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Tondano, DetikManado.com – Bertempat di gedung LP2AI Unima, Tondano, Minahasa, Sulut, Jumat (13/03/2020), jurusan Pendidikan dan Kewarganegaraan (PPKn) FIS Unima menyelenggarakan kuliah tamu bertema Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pembelajaran PPKn.

Kuliah tamu itu mendatangkan Guru Besar Departemen PKN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof Dr Dasim Budimansyah MSi. Budimansyah memaparkan sejumlah materi berkaitan dengan tema yang diangkat, seperti Apa Makna Merdeka Belajar? Bagaimana Impelementasinya Dalam Pembelajaran PPKn? Merdeka Belajar Pada Anak dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Dekan FIS Unima Dr Apeles L Lonto MSi menyampaikan, kuliah tamu jurusan PPKn adalah proses yang harus disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan, regulasi yang ada termasuk perubahan kurikulum. “Untuk menjawab tantangan. Apalagi di era sekarang, Revolusi 4.0,” imbuhnya saat diwawancarai, Jumat (13/03/2020).

Menurut Lonto, untuk merealisasikan tema kuliah umum, para dosen di jurusan PPKn harus mengubah mainsed terkait Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Di FIS, katanya, sudah diterapkan pembelajaran berbasis digital dan diikut sertakan dosen untuk kegiatan terkait digitalisasi. “Walaupun belum seratus persen, baru sebagian besar. Kami (dosen) juga mengikuti banyak kegiatan loka karya tentang pembelajaran proses digital (daring),” tutup Lonto.

Ketua Jurusan PPKn Dr Julien Biringan MSi mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyukseskan kuliah tamu, khususnya Prof Dr Dasim Budimansyah MSi yang menjadi nara sumber. “Semua yang kita terima (materi kuliah tamu) memberi motivasi, pencerahan dan komitmen. Bagaimana melaksanakan tugas ke depan, baik sebagai pimpinan fakultas, dosen dan mahasiswa,” ucapnya.

Hadir dalam kuliah tamu itu para mahasiswa dan dosen jurusan PPKn serta Pembantu Dekan (PD) yakni PD 2 Dr Yoseph DA Santie MS, PD 3 Dr Paulus R Tuerah MPd, PD 4 Dr Meity Najoan MHum. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *