Kapolda Sulut : Pengucapan Syukur Wajib, Patuhi Prokes Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp
Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana.

Manado, DetikManado.com– Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana menyambut baik gagasan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang merencanakan Acara Pengucapan Syukur di Sulut akan dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 26 September 2021.

“Kami sangat setuju dengan rencana gubernur untuk pelaksanaan pengucapan syukur ini dilakukan secara bersamaan,” ujar Nana di Mapolda Sulut, Jumat siang (24/9/2021).

Jenderal bintang dua ini juga mengingatkan, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, walaupun sudah mulai terjadi penurunan level PPKM, namun tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Saya harapkan tetap menjaga protokol kesehatan, kurangi kegiatan yang menyebabkan terjdinya kerumunan di tengah masyarakat,” jelas Kapolda.

Dia juga minta kepada masyarakat agar melaksanakan pengucapan syukur di rumah atau tempat ibadah saja, dengan tidak menimbulkan suatu kerumanan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Silahkan dilakukan tetapi tetap disiplin Protokol Kesehatan,” tandasnya.

Pengucapan Syukur merupakan suatu tradisi di Sulut, khususnya wilayah Minahasa Raya. Awalnya hajatan ini merupakan perayaan atas keberhasilan panen oleh warga Minahasa, yang kemudian dilakukan hingga saat ini. Perayaan ini bisa dihadiri hingga ribuan orang yang membanjiri wilayah-wilayah seperti Minahasa Raya, Tomohon, Manado, hingga Bitung.

Tahun lalu, Pengucapan Syukur ditiadakan mengingat masih tingginya kasus baru Covid-19 di Sulut. Sedangkan di tahun ini, dirayakan secara terbatas, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diketahui hingga Jumat (24/9/2021), jumlah akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 33.942 orang. Kasus sembuh 31.954 orang, kasus meninggal 1.016 orang, dan kasus aktif sebanyak 972 orang. (ml/joe)

 

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email