65 dibaca

Kapolri: Tindakan Efek Jera Perlu untuk Para Pembakar Hutan

  • Whatsapp
Kapolri saat memberikan arahan di Mapolda Sulut beberapa waktu lalu.

Manado,DetikManado.com – Terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa daerah Sumatra dan Kalimatan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam jumpa persnya di Riau, Senin (12/08/2019) malam, mengatakan akan menindak tegas para pelaku pembakaran.

“Tadi informasi yang dikumpulkan termasuk tadi Kepala BNPB itu di atas 90 persen penyebabnya adalah manusia,” tegas Kapolri.

Muat Lebih

Lanjut Kapolri, artinya karena land clearing menggunakan cara pembakaran. Oleh karena itu untuk situasi saat ini, jangka pendek penegakan hukum yang utama dulu. “Saya sudah menugaskan kepada jajaran Polda seluruh Indonesia untuk melakukan tindakan tegas proses hukum kepada yang melakukan pembakaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, udah meminta jajaran Panglima TNI, kalau tertangkap tangan itu boleh dilakukan penangkapan dan segera diserahkan kepada penyidik Kepolisian setempat.

Dia mengatakan sudah ada yang ditangkap, tapi pihaknya ingin agar tindakan lebih tegas baik kepada perorangan maupun kepada perusahaan sehingga memberikan efek jera. “Kalau itu dibakarnya oleh korporasi, itu kita akan melakukan tindakan tapi kalau seandainya dari luar, kemudian merambat sehingga dia menjadi korban, yang kita proses yang melakukan pembakaran pertama,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolri, menambahkan untuk pembakaran lahan dan terkait dengan perusahaan pihaknya menurunkan tim untuk hal itu. “Oleh karena itu saya juga membawa Direktur Tipiter dari Bareskrim khusus untuk masalah korporasi, dia akan memberikan asistensi,” pungkas Kapolri.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *