151 dibaca

Keselamatan Wisata Selam Jadi Perhatian

  • Whatsapp
PPWS bersama Dinas Pariwisata, Polair Polda Sulut serta para pelaku usaha wisata selam foto bersama usai jumpa pers.

Manado,DetikManado.com – Keselamatan dalam kegiatan wisata selam adalah bagian yang sangat penting. Oleh karena itu untuk mensosialisasikan pentingnya keamanan saat akan melakukan wisata selam, Perkumpulan Pekerja Wisata Selam (PPWS) Sulut menggelar jumpa pers yang diadakan di cafe Bendito, Kawasan Mega Mas, Manado, Jumat (14/06/2019) sore.

Dalam jumpa pers yang di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Dra Lenda Pelealu, terungkap rencana pembentukan tim terpadu yang memuat segala sesuatu terkait regulasi demi keselamatan serta keamanan  bersama dalam wisata selam.

Muat Lebih

“Kami lagi menyasar ke Manado Tua dan Siladen karena daya dukung di Bunaken masih terbatas. Kami lagi diskusi diskusi yang intens untuk menjual ke tur-tur operator  wisata agar jangan dibawa semua ke Bunaken semua,” bebernya.

Pelealu mengatakan, rata – rata turis yang berkunjung ke Manado untuk menyelam dibawa ke Bunaken karena murah dan lebih dekat. “Kita lagi bikin zonasi apakah ke Manado Tua atau Siladen,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan adanya zonasi mungkin bagi yang pemula bisa di kawasan Pantai Malalayang dan yang sudah berpengalaman bisa di Bunaken. ”Dan semuanya itu akan kita bicarakan nantinya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PPWS Sulut Frans Rattu berharap agar ke depannya PPWS bisa bermitra dengan pemerintah dan pihak yg berwenang. “Kita juga akan sosialisasikan ke turis – turis yg datang ke sini yang mau dibawa oleh pemandu wisata, bisa dicek apakah anggota PPWS atau bukan. Karena anggota PPWS sudah terjamin mutu dan kualitasnya,” ujar Frans.

Frans juga mengatakan kendala seperti kasus turis Tiongkok kemarin itu hanya menggunakan jasa selam perorangan tidak menggunakan jasa dive center yang besar. “Banyak turis yang datang di sini membeli paket, setelah sampai di sini dia beli online supaya dapat murah seperti membeli kucing dalam karung. Dia tidak mengetahui bagaimana jasa penyelenggara selam ini,” kunci Frans.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *