Ketua Bawaslu Sulut : Dari 100 Pelanggran Terdaftar, 77 Pelanggaran Administrasi

MANADO, DetikManado.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (bawaslu), Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan media Gathering, untuk membahas kinerja pengawasan tahapan pemilu 2019 di Sulut, Sabtu (22/12/2018) bertempat di di kantor Bawaslu Sulut.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, menyampaikan penindakan pelanggaran di Bawaslu ada dua bentuk, yakni penanganan pelanggaran administrasi dan penyelesaian sengketa pemilu.

“Penanganan administrasi ini ada yang berbentuk ajudikasi yaitu melalui proses pengadilan dan non ajudikasi hanya sekedar rekomendasi yang dikeluarkan oleh bawaslu,” ujarnya

Laporan yang masuk di bawaslu sebanyak 24 pelanggaran, namun temuan bawaslu sebanyak 95 pelanggaran, tetapi dari itu semua yang diregister hanya 100 pelanggaran, sebab ada laporan yang tidak memenuhi syarat, dari data ini sebagian besar adalah pelanggaran administrasi.

“Dari data 100 pelanggaran yang di register sebagian besar pelanggaran administrasi sebanyak 77, sisanya 1 pidana , 4 pelanggaran kode etik, 18 pelanggaran undang – undang lain,” jelas Malonda. (Hardinan Sangkoy)

Komentar Facebook