703 dibaca

Kisah Calon Pendeta Melayani di Wilayah Perbatasan

  • Whatsapp

UNTUK sebuah pelayanan bagi jemaat di daerah perbatasan, tepatnya Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, gadis manis bernama lengkap Yolanda Tiara Runsude ini rela jauh dari orang tuanya.

Setelah menyelesaikan pendidikan Strata 1 Teologi di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Manado di tahun 2017, Yola, datang di Talaud dan mendaftar sebagai vikaris (calon pendeta) pada Sinode Gereja Masehi Injili Talaud (Germita). “Dari kecil saya memang sudah bercita-cita menjadi pendeta. Karena Talaud adalah kampung halaman papa, jadi saya memutuskan ke Talaud dan ingin pelayanan di Sinode Germita,” ujar cewek kelahiran 21 Mei 1995 ini.

Muat Lebih

Awal tahun 2018, Yola diterima jadi vikaris di Sinode Germita, dan mendapat Surat Keputusan sebagai vikaris di bulan Juli 2018. Masa vikaris ini akan dijalani selama dua tahun.

Yola menuturkan, menjalani tugas pelayanan di masa vikariat atau persiapan menjadi pendeta bukanlah hal yang mudah. “Saya bertugas di Jemaat Sanggaroma Moronge, warga jemaat yang terdiri dari berbagai macam karakter,” ujarnya.

Suka duka pelayanan dilalui bersama jemaat Tuhan. Meskipun terpisah jauh dari keluarga, Yola mengaku banyak orag tua, jemaat yang selalu memberikan kasih sayang.

Meski demikian, Yola mengaku banyak tantangannya, banyak dukanya. “Sampai-sampai harus meneteskan air mata. Tapi juga selalu yakin dan percaya Tuhan selalu baik sehingga banyak sukacita yang dialami,” tandas Yola.

Melayani dengan ketulusan hati serta menjadi contoh dan teladan yang baik, bahkan memikul salib sebagai hamba Tuhan dengan kesungguhan hati adalah hal yang selalu digumuli dengan Tuhan. “Dalam segala hal yg terjadi mengucap syukur adalah hal utama yang selalu dinaikkan kepada Tuhan. Percaya segala sesuatu yg terjadi ada dalam rencana Tuhan. Dan menjadi berkat bagi banyak orang,” pungkasnya.(joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *