Kodim 1309 Manado Canangkan Manado Emas, Tingkatkan Kualitas SDM Pelajar

Dandim 1309 Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono saat sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan di aula Pemkot Manado, Jumat (24/3/2023) kemarin. (Foto: Penerangan Kodim 1309 Manado)

Manado, DetikManado.com – Pemerintahan Jokowi telah mencanangkan sejumlah program menuju Indonesia Emas 2045. Sejalan dengan itu, Komando Distrik Militer (Kodim) 1309 Manado meniti jalan menuju Manado Emas dengan peningkatan sumber daya manusia melalui program Babinsa mengajar di sekolah.

“Kita akan menuju Indonesia Emas 2045, atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar,” papar Dandim 1309 Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono saat sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan di aula Pemkot Manado, Jumat (24/3/2023).

Himawan memaparkan, kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. Karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang nantinya terampil saat berada di tahun 2045 nanti.

“Karena itu maka peningkatan sumber daya manusia, mencakup pengetahuan dan ketrampilan harus disiapkan dari saat ini. Termasuk mulai dari kalangan siswa SD dan SMP yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu,” ungkap HTL, sapaan akrab mantan Dandim 1626 Bangli ini.

Sejalan dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas itu, HTL mengatakan, jajaran Kodim 1309 Manado juga meniti jalan menuju Manado Emas dengan menyiapkan anak usia sekolah khususnya SD dan SMP dengan sumber daya manusia yang memadai. Termasuk punya wawasan kebangsaan yang baik.

“Kami ingin membentuk SDM khususnya bagi anak yang saat ini duduk SD dan SMP di Manado agar dari sekarang tahu akan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, rasa bela negara, rasa persatuan dan kesatuan, serta rasa memiliki Indonesia,” papar Himawan yang baru sepekan menjabat Dandim 1309 Manado ini.

Komentar Facebook