Menjelang Pilkada 2020, Survei Elektabilitas OD-SK Tak Terdandingi

  • Whatsapp
Jubir LSI Network Ikrama kepada sejumlah awak media mengatakan jika dilihat dari survei ini petahana sangat kokoh.

Manado, DetikManado.com – Menjelang Pilkada tahun 2020 di Provinsi Sulut, Lembaga Survei Indonesia (LSI Network) merilis dalam survei mereka bahwa pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw masih terlalu tangguh dalam segi elektabilitas.

Jubir LSI Network Ikrama kepada sejumlah awak media mengatakan jika dilihat dari survei ini petahana sangat kokoh karena elektabilitasnya sebesar 62% dengan pemilih militan atau yang loyal mencapai 47%.

Bacaan Lainnya

“Kemudian selisih elektabilitas antara petahana dengan kandidat yang lain itu diatas 50%,” ujarnya, Sabtu (09/08/2020).

Lanjut dia, data ini memang terkonfirmasi kokohnya elektabilitas petahana didukung dari tingkat kepuasan dan keberhasilan.

“Jadi ratingnya 80% masyarakat sulut puas dan pemerintahannya berjalan dengan baik,” kata Ikrama.

Menurutnya, yang menjadi nilai lebih adalah pemilih sudah mendapatkan kepastian bahwa pasangan OD-SK sudah memastikan diri untuk mengikuti Pilkada nanti.

“Sementara para pesaing petahana belum dan aspek kepastian masih jadi preferensi masyarakat,” tuturnya.

Sehingga banyak juga dalam survei ini belum menentukan pilihan selain memang ada aspek lain dan tingkat popularitas di luar OD-SK itu masih kecil.

“Para penantang juga berpeluang jika meningkatkan penetrasi kampanye, genjot popularitas, pengenalan harus kuat dan wajib turun ke masyarakat karena hukumnya elektabilitas berasal dari popularitas,” tandasnya. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *