Paskibraka Kini Ditangani Badan Kesbangpol, Silahkan Mendaftar Secara Online

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulut Fery Sangian dan Kabid Hendra Tambayong foto bersama Kepala Cabang Dinas, Kepala SMA dan SMK serta pihak terkait lainnya usai sosialisasi pendaftaran online calon Paskibraka di aula Dinas Dikda Sulut, Kamis 16 Februari 2023. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Jika sebelumnya penanganan Pasukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mulai dari seleksi hingga pembinaan dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), mulai tahun 2023 ini diurus oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Ini sesuai dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera,” ungkap Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut Fery RJ Sangian SSos MAP didampingi Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Hendra Tambayong SH, Kamis (16/2/2023).

Sangian mengungkapkan, tahapan penerimaan calon Paskibraka telah dimulai di kabupaten dan kota secara manual. Untuk tingkat Provinsi Sulut akan dimulai pada tanggal 17 Februari sampai 23 Maret 2023 melalui pendaftaran secara online.

“Silahkan mendaftar melalui online di https://paskibraka.bpip.go.id dan diharapkan dengan adanya pendaftaran ini bisa menghindari kolusi,” ujar Sangian saat sosialisasi rekrutmen Paskibraka pada para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah dan Kepala SMA dan SMK di aula Dinas Dikda Sulut, Kamis (16/2/2023).

Sangian memaparkan, materi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ada ketambahan soal kesamaptaan dan ideology. Aspek lainnya masih sama yakni soal kesehatan, psikotest, Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Komentar Facebook