Pemilu 2024 Mendatang, Panwaslu Tomohon Timur Buka Pendaftaran Pengawas Kelurahan

Jadwal pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa Tomohon Timur. (Foto: Flyer Panwaslu Tomohon Timur)

Tomohon, DetikManado.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tomohon Timur, segera membuka pendaftaran Panwaslu tingkat Kelurahan/Desa untuk Pemilu tahun 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tomohon Timur, Meyta Meyli Maringka mengatakan bahwa pendaftaran Pengawas Kelurahan akan dimulai Sabtu (14/1/2023) sampai Kamis (19/1/2023) pukul 08.00-17.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan untuk kelengkapan berkas pendaftaran dapat diambil di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Tomohon Timur atau kantor Kelurahan setempat.

“Bisa juga diunduh secara online di medsos Facebook dan IG Panwaslu Kecamatan Tomohon Timur melalui link http://bit.ly/PanwasluKelurahanTomTim,” kata Dia.

“Untuk alamat sekretariat Panwaslu Kecamatan Tomohon Timur yakni jalan Mangangayo Lingkungan VI, Kelurahan Paslaten Dua,” lanjut Meyta

Dia menyebutkan ada beberapa hal terkait pendaftaran tersebut yaitu persyaratan pendaftaran adalah Warga Negara Indonesia, saat pendaftaran berusia paling rendah 21 (dua puluh satu) tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia,
Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selanjutnya mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu. Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat.

“Berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda
Penduduk (KTP). Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon,” jelas Meyta.

Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di
badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan, yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

“Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih,” sebut Ketua Panwaslu Tomohon Timur tersebut.

Komentar Facebook

Pos terkait