Perkuat Jaringan Demokrasi, JIPP Bakal Dibentuk di 15 Kabupaten/Kota Se Sulut

Logo Jaringan Indonesia Pengawas Partisipatif (JIPP) Sulut. Mereka akan bentuk JIPP di 15 kota/kabupaten di Sulut. (Foto: Dokumentasi JIPP Sulut)

Tomohon, DetikManado.com – Pasca diselenggarakannya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dan Pendidikan Pengawas Pemilu (P2P), para alumni yang mengikuti sekolah pengawas tersebut membentuk Jaringan Indonesia Pengawas Partisipatif (JIPP). Kedua sekolah tersebut dilaksanakan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Saat diwawancarai oleh DetikManado.com, Ketua JIPP Sulut Mulyadi Tuhatelu mendorong JIPP Sulut menjadi salah satu lembaga pemantau pemilu lokal yang ada di Sulut.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya JIPP ini diharapkan mampu menambah spirit pemantauan pemilu di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Mulyadi menambahkan JIPP akan dibentuk di 15 kabupaten/kota Se Sulut. Dia berharap bagi seluruh alumni SKPP dan alumni P2P bisa terlibat dalam pembentukan JIPP di Sulut.

“Kerena JIPP Sulut ini adalah forum para alumni SKPP, P2P dan organisasi kepemudaan yang fokus terhadap isu demokrasi dan kepemiluan,” tandas Mulyadi.

Diketahui, JIPP dibentuk pertama kali di Sulut dan dilantik oleh Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin pada bulan Juni 2022 lalu. (Stefanus Goni)

Komentar Facebook

Pos terkait