Piala Dunia: Hasil Jepang vs Spanyol, Samurai Biru Juara Grup Neraka!

Selebrasi para pemain Jepang setelah mengalahkan Spanyol di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Laga seru tersaji saat Jepang bertemu Spanyol di pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari.

Tim Samurai Biru, julukan Jepang, akhirnya sampil sebagai pemenang, memimpin grup neraka itu, sekaligus lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tim Moriyasu mencetak dua gol untuk Jepang di babak kedua untuk mengalahkan Spanyol sang juara Piala Dunia 2010, dan akan menghadapi Kroasia di babak 16 besar.

Dilansir dari situs resmi FIFA, Spanyol tampak akan memenangkan pertandingan ketika Morata mencetak gol di menit awal. Ritsu Doan memulai comeback tak lama setelah jeda. Ao Tanaka menuntaskan kemenangan Jepang dengan gol yang diberikan setelah pengecekan VAR.

Jepang menciptakan déjà vu dengan comeback di babak kedua yang menakjubkan dengan mengalahkan Spanyol dan finis di puncak Grup Piala Dunia FIFA 2022 sebelum memasuki babak 16 besar melawan Kroasia.

Konsekuensi dari kemenangan comeback Jepang ini, tersingkirnya Jerman untuk kedua kalinya berturut-turut di fase grup, tim asuhan Hajime Moriyasu tertinggal delapan hari lalu sebelum bangkit untuk menang 2-1.

Alvaro Morata mencetak gol ketiganya dalam tiga pertandingan – menyundul umpan silang dari eks rekan tim Chelsea, Cesar Azpilicueta. Gol ini membuat Spanyol yang dominan memegang kendali dengan kuat setelah 11 menit.

Shuichi Gonda menahan upaya Morata yang membara, tetapi kemenangan telak bagi tim Luis Enrique tampaknya merupakan prospek yang sah.

Piala Dunia ini memutarbalikkan banyak prediksi pengamat dan meskipun penguasaan bola berkisar hanya sekitar 20 persen, Jepang mencapai “pencerahan” tiga menit setelah babak kedua dimulai.

Tim Moriyasu memburu Spanyol, mencoba untuk bermain dari belakang, dan ketika bola bergerak dengan pemain pengganti Ritsu Doan, yang datang untuk menyamakan kedudukan saat melawan Jerman.

Pemain berusia 24 tahun itu melakukan percobaan gol yang tidak dapat dicegah oleh Unai Simon meskipun udah mencoba menghalau dengan dua tangan.

Permainan berbalik sepenuhnya tiga menit kemudian. Doan menggulirkan bola ke tiang jauh, yang dijaga tetap hidup oleh Karou Mitoma. Umpannya yang dipotong dari garis depan mengundang Ao Tanaka untuk mencetak gol yang akan menjadi gol penentu.

Jepang bisa memperpanjang keunggulan mereka, tetapi tembakan pertama kali Takuma Asano melebar. Yang terbaik yang bisa dikerahkan Spanyol adalah oleh Dani Olmo, yang upaya lemahnya dengan mudah diselamatkan oleh Gonda setelah pertukaran umpan cepat dengan Ferran Torres.

 

Momen Kunci

Komentar Facebook