Polresta Manado Gelar Konferensi Akhir Tahun 2022

Polresta Manado menggelar konferensi akhir tahun 2022, yang dilaksanakan di Cafe K8, Kota Manado, Sulut Jumat (30/12/2022). (Foto: Dokumentasi Humas Polda Sulut)

KapoManado, DetikManado.com – Polresta Manado menggelar konferensi akhir tahun 2022, yang dilaksanakan di Cafe K8, Kota Manado, Sulut Jumat (30/12/2022).

Pada konferensi pers tersebut, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait memaparkan situasi Kamtibmas di wilayah hukum (Wilkum) Polresta Manado selama tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“Indeks harkamtibmas Polresta Manado tahun 2022 adalah 95. 60 atau level 5 istimewa. Untuk indeks gakkum 84.28 atau Level 4 baik ada beberapa prestasi dalam bidang operasional dan inovasi terkait kehadiran polisi ditengah masyarakat meraih peringkat 2 se-Indonesia progam Quick wins presisi kepercayaan publik Polri di Polda Sulawesi Utara,” kata Kombes Pol Julianto.

Ia menyebut keberhasilan jajarannya dalam melakukan penyelesaian masalah di lapangan. Dalam kurun tahun 2022, kata Julianto, Bhabinkamtibmas Polresta Manado berhasil menyelesaikan 608 permasalahan di masyarakat melalui problem solving, respon cepat Samapta Rayon Presisi, ROTR yang dibackup Polsek jajaran.

“Dalam menangani aduan masyarakat melalui call center 112 mendapat apresiasi positif dari masyarakat,” lanjutnya.

Dia menjelaskan adanya nomor WhatsApp aduan Kasatwil Kapolresta Manado, masyarakat lebih mudah melaporkan informasi di masyarakat dan dengan segera ditanggapi oleh Satker Polresta Manado serta inovasi aplikasi berbasis web E-RNM (elektronik rehabilitasi narkoba Manado) berhasil menyelesaikan 65 laporan masyarakat.

Julianto juga memaparkan penghargaan yang di terima Polresta Manado di kancah nasional dan provinsi.

“Polresta Manado berhasil meraih peringkat 2 nasional terkait pendataan kecelakaan lalulintas online (IRSMS) tahun 2021, meraih penghargaan penyelenggaraan pelayanan publik kategori sangat baik tahun 2021 dari Kementerian PAN RB, meraih penghargaan peringkat 1 nilai kinerja anggaran Polres dari Kapolri, meraih penghargaan satker dengan meraih penghargaan dari Gubernur Sulut dalam menyelenggarakan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” bebernya.

Julianto memaparkan total kejahatan juga katanya menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data yang dihimpun, aspek operasional pada tahun 2022 secara umum crime total menurun 9% sedangkan crime clereance tahun 2022 naik 22, 89% dan lakalantas terjadi kenaikan 0,03 % dari tahun sebelumnya,” ujar dia.

Pada tahun baru 2023, Julianto berharap wilayah hukum Polresta Manado tetap kondusif dan pelaksanaan tugas memelihara kamtibmas yang dilaksanakan oleh Polresta Manado mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat serta masyarakat turut serta menjaga keamanan Kamtimbas bersama dengan Polri.

“Harapan kita semua di tahun baru nanti Sulawesi Utara tetap aman dan kondusif, dan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama menjaga kamtibmas agar tetap aman dan tertib dari gangguan kamtibmas,” pungkasnya. (Ali Akbar)

Komentar Facebook

Pos terkait