Produk Santan Kelapa Minahasa Utara Makin Diminati di Pasar Internasional

Produk Santan Kelapa Minahasa Utara Makin Diminati di Pasar Internasional

Manado, DetikManado.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Manado memfasilitasi ekspor perdana santan kelapa asal Minahasa Utara, Sulut, sebanyak 52 ton ke Tiongkok.

Komoditas ekspor unggulan Provinsi Sulut yang baru milik PT SAB dengan nilai ekonomi sebesar Rp675, 9 juta ini dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Novly Wowiling, Jumat (17/2/2023), didampingi sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Karantina Pertanian Manado Yusup Patiroy, yang turut mendampingi menyebutkan bahwa komoditas santan beku ini telah melewati pemeriksaan pejabat Karantina. Produk itu dipastikan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK), serta dinyatakan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan negara tujuan sehingga telah aman dan layak untuk dilalulintaskan.

“Pejabat karantina telah melakukan pemeriksaan fisik berserta pemeriksaan kelengkapan dokumen sesuai permintaan negara tujuan. Harapannya ekspor perdana ini menjadi langkah awal yang baik untuk memacu ekspor di tahun 2023,” ujar Yusup.

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email