Puluhan Siswa SMKN 2 Manado Belajar Jurnalistik dan Menangkal Hoaks

  • Whatsapp
Puluhan siswa foto bersama guru, kepala sekolah dan para pemateri serta tim kerja usai acara pembukaan.

Manado, DetikManado.com- Penguatan Pendidikan Karakter bagi para siswa kembali digelar Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) melalui Workshop Jurnalistik Siswa. Kegiatan yang berlangsung di SMKN 2 Manado, Jumat (13/12/2019) ini, diikuti 40 siswa dari berbagai kompetensi keahlian di sekolah itu.

Ketua Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) Zulkifli Madina mengatakan, dalam workshop kali ini menghadirkan dua pemateri yakni Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Yoseph E Ikanubun yang juga ahli Pers di Sulut, sedangkan di sesi kedua adalah Ketua Asosiasi Media Siber (AMSI) Sulut, Agustinus Hari. “Untuk pemateri dari Yoseph Ikanubun menyampaikan tentang Pers dan Jurnalistik, kemudian dilanjutkan dengan Media Sosial dan Bagaimana Melawan Hoaks,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, beda media sosial dengan media pers, di mana media pers adalah berbadan hukum, ada penanggungjawab, serta dikelola oleh wartawan professional.”Sedangkan media sosial tidak ada penanggung jawab, dan informasi yang ada belum tentu benar, dan menjadi sarana penyebaran hoaks,”katanya.

Dalam sesi kedua, para siswa diberi pengetahuan dan ketrampilan terkait bagaimana menulis sebuah berita.

Kepala SMKN 2 Manado Robyn Koloway mengatakan, dirinya sangat bersyukur para siswa mendapatkan ilmu dari para ahli bidang pers, dan ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi mereka. “Memang selama ini belum ada yang melaksanakan kegiatan seperti ini, dan barulah JPS yang bisa melaksanakannya dan ini sangat baik bagi peningkatan karakter siswa,” pungkas Koloway.

Untuk diketahui setelah materi selesai, para siswa diberikan kesempatan melakukan reportase dan wawancara sekaligus membuat berita dan pada bagian paling akhir, para siswa akan mempresentasekan hasil berita yang telah dibuat. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *