Rektor Unsrat Berharap Pengelolaan Arsip Lebih Modern

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA bersama pelaksana dan peserta Bimtek.

Manado,DetikManado.com – Guna meningkatkan pemahaman dan ketrampilan di bidang pengarsipan, Unsrat Manado menggelar Bimtek Pengelolaan Arsip Dinamis, Rabu (03/07/2019).

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA dalam sambutannya mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 43 Tahun 2009, bahwa Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media.

Bacaan Lainnya

Rekaman itu sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan. “Hal itu terkait dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Lanjut Rektor, kegiatan ini untuk mewujudkan Arsip sebagai Indikator Kinerja serta melestarikan Arsip strategis melalui sistem restorasi modern, digitalisasi, dan Sistem Jaringan Informasi.

Rektor mengharapkan kepada seluruh peserta Bimtek, dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan agar supaya ke depannya implementasi e-Arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS) dan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Unsrat segera terwujud. “Peserta Bimtek harus punya semangat dan tekad yang kuat untuk ke arah yang lebih baik lagi. Serta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk peningkatan secara profesional dan menambah keahlian kita,” pungkas Kumaat.(ml)

Komentar Facebook

Pos terkait