Ucapan Pastor Troy Kalengkongan Untuk Umat

  • Whatsapp
Ucapan Selamat Paskah dari Pastor Troyani Kalengkongan Pr melalui channel Youtube Komsos Tataaran, Minggu (12/04/2020).

Tondano, DetikManado.com – Usai menggelar Misa Paskah, Minggu (12/04/2020) di Gereja Katolik Santo Antonius dari Padua Tataaran, Pastor Troyani Kalengkongan Pr menyampaikan ucapan Paskah untuk umat.

“Senang hatiku bahwa akhirnya perayaan hari ini (Hari Paskah) yang sudah dimulai sejak dari perayaan Minggu Palma kemarin, boleh berjalan lancar,” ujarnya lewat channel youtube Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki Tataaran.

Bacaan Lainnya

Kendati tidak dirayakan secara bersama di gereja karena pandemi Covid-19, Pastor merenungkan bahwa peristiwa beberapa hari ini ada hal yang amat mengagumkan dan mempesona.

“Bahwa biasanya perayaan-perayaan seperti ini, orang datang ke gereja, tapi untuk  hari ini, orang berkumpul di rumah. Lilin-lilin menyala di altar-altar rumah, orang-orang berkumpul, entah keluarga inti maupun keluarga-keluarga kerabat, tetangga, sesama umat beriman. Dan ini makin menggiatkan panggilan umat beriman untuk membangun keluarga,” imbuh Pastor Paroki itu.

Pastor Troy sapaan akrabnya mengatakan, peristiwa Paskah pertama yang terjadi di kalangan orang Israel adalah peristiwa pembebasan orang Israel keluar dari Mesir. Dan sebelum keluar, Tuhan mengajak mereka untuk berkumpul di rumah masing-masing, menyembelih kambing dan domba untuk dimakan, sebelum malaikat Tuhan lewat.

“Hari ini, semua umat beriman berkumpul di rumah dan merayakan Paskah,” imbuhnya.

Ia menuturkan, peristiwa perayaan Paskah yang dilakukan di rumah akan dicatat dalam sejarah kehidupan manusia.

“Tahun 2020, perayaan liturgis Paskah dan hari-hari besar lainnya dalam gereja, terjadi di rumah. Tuhan datang di dalam rumahmu, Dia menyapamu, Dia tinggal bersama engkau,” katanya.

Dari lubuk hati yang paling dalam, Ia menyampaikan juga permohonan maaf, jika ada salah dalam kehidupannya. “Tidak berkenan di hatimu. Saya juga berterima kasih yang telah ada (umat) dan bersama-sama dalam perjalanan gereja atau Paroki Santo Antonius dari Padua Tataaran” ungkap Pastor Troy.

Pastor Troy berharap, semoga wabah Covid-19 cepat berlalu dan bersama-sama membangun diri, keluarga dan gereja, Paroki Santo Antonius dari Padua Tataaran. “Selamat pesta Paskah, Aleluya,” tutupnya. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *