Upaya Dinas Dikda Sulut Mencetak Siswa Berprestasi di Ajang OSN

Plt Kepala Dinas Dikda Sulut Steve Kepel ST MSi diwakili Sekretaris Dinas Dikda Sulut Jeffry Edwin Runtuwene SE MSi, membuka program pembimbingan OSP tahun 2023 jejang SMA di BPMP Provinsi Sulut, Senin (15/05/2023). (Foto: Dokumentasi Jurnalis Pendidikan Sulut)

“Kiranya apa yang sudah adik-adik tanamkan di dalam diri, serta persiapan yang telah dilakukan bisa dimaksimalkan potensinya dalam bimbingan kali ini,” ujarnya.

 

Sri Ratna Pasiak dalam laporan kegiatan menyatakan, ada 220 siswa yang ikut dalam pembimbingan tersebut. Menurutnya, OSN jenjang SMA tahun 2023 ini tampil sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Dalam kegiatan ini menggunakan mekanisme di seleksi setiap daerah dan tahun 2023 ini untuk tingkat nasional direncakan akan dilakukan dalam bentuk luring,” jelas Pasiak.

pasiak mengatakan, untuk seleksi daring di tingkat daerah serta luring di tingkat nasional adalah hal yang baru setelah pandemi.

“Tentunya ini akan menjadi hal yang menarik bagi seluruh peserta didik dalam bidang sains,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik yang bertalenta, berkarakter dengan prestasi internasional. Nantinya para siswa bisa mengembangkan kemampuan serta mengambil andil dalam pembangunan untuk kemajuan Indonesia.

“Terkait dengan bidang lomba yang dilombakan dalam kompetisi sains antar kabupaten/kota, provinsi dan nasional adalah Matematika, Fisika, Kimia, Informatika Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi,” ujarnya.

Berdasarkan data, ada sebanyak 220 siswa yang terdiri dari 76 laki – laki dan 144 perempuan ikut bimbingan yang akan berlangsung selama 12 hari. (Yoseph Ikanubun)

Komentar Facebook