Upaya SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado Tingkatkan Kompetensi Guru

Kegiatan Supervisi Akademik di SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado, Rabu (18/1/2023). (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado menggelar Supervisi Akademik sejak Senin – Jumat (16-20/1/2023). Kegiatan ini dimaksudkan untu meningkatkan kompetensi para guru.

Kepala SD Inpres 03 Paniki Bawah Manado Maissye Watania SPd menyampaikan, pada program tahun 2023 ada Supervisi Akademik dalam kegiatan pembelajaran guru.

“Salah satu tugas saya sebagai kepala sekolah adalah melaksanakan Supervisi Akademik. Untuk melaksanakan Supervisi Akademik secara efektif diperlukan keterampilan konseptual, interpersonal dan teknikal,” ungkap Watania saat ditemui di sekolahnya, Rabu (18/1/2023).

Dia mengatakan, setiap kepala sekolah harus memiliki dan menguasai konsep supervisi akademik yang meliputi: pengertian, tujuan dan fungsi, prinsip-prinsip, dan dimensi-dimensi substansi supervisi akademik.

“Jangan hanya guru yang aktif, akan tetapi siswa juga harus aktif dalam menerima mata pelajaran karena ini adalah kurikulum baru yakni Merdeka Belajar,” ujarnya.

Terkait kondisi sekolah, dia mengatakan, saat ini ada 14 rombongan belajar atau rombel dan yang tersedia hanya 9 ruangan kelas saja.

“Kami masih kurang 5 ruangan kelas, dan berharap ada bantuan untuk membangun dua lantai agar terpenuhi semua kebutuhan kelas di sini,” ujarnya.

Watania mengatakan, agar siswa semua bisa masuk sekolah, maka dibagi dua shift yakni yang masuk pagi kelas 1, 2 dan 3 dan yang masuk siang kelas 4, 5 dan 6. (Yoseph Ikanubun)

Komentar Facebook